Jokowi Tak Hadir, Hanya Dilapori Pertemuan Megawati dan Prabowo

Pingit Aria
24 Juli 2019, 10:30
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kedua kanan) di dalam gerbong kereta MRT di Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Kedua kontestan dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 lalu ini bertem
ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kedua kanan) di dalam gerbong kereta MRT di Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Kedua kontestan dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 lalu ini bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus dan selanjutnya naik MRT bersama-sama.

Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan direncanakan bertemu dengan calon presiden Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra pada Rabu, (24/7) hari ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak akan ikut dalam pertemuan di rumah Megawati di Jakan Teuku Umar, Jakarta tersebut.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, Presiden Jokowi telah mengetahui perihal rencana pertemuan ini. “Bu Mega itu setia pada fatsun politik, sehingga setiap kali ada pertemuan penting, Beliau akan komunikasikan dengan Bapak Presiden Jokowi,” ujarnya, Rabu (24/7).

Presiden Jokowi hari ini akan menerima Putra Mahkota Abu Dhabi/Wakil Panglima Tertinnggi Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab HRH Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan di Istana Kepresidenan Bogor. Beberapa anggota kabinet, termasuk Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan akan turut mendampinginya.

(Baca juga: Rekonsiliasi Tak Berarti Koalisi, Prabowo Bertemu Megawati Siang Ini)

Di Jakarta, Megawati akan didampingi oleh putrinya Puan Maharani dan politikus senior PDI Perjuangan Pramono Anung. “Pak Prabowo juga akan didampingi oleh beberapa jajaran teras Partai Gerindra,” kata Hasto.

Ia menyatakan, Megawati secara khusus menyiapkan jamuan di rumahnya untuk menyambut Prabowo. Kedua tokoh memang dijadwalkan untuk bertemu pada waktu makan siang.

“Dengan diplomasi makan siang itu kan segala sesuatu menjadi lebih ringan untuk membahas tentang bangsa dan negara,” ujarnya.

Hasto juga mengungkapkan bahwa pertemuan ini telah diinisiasi saat kedua tokoh bertemu pada Asian Games 2018 lalu. “Sejak saat itu sebenarnya Pak Prabowo sudah kangen dengan masakan dari Bu Mega, katanya.

(Baca: Arah Kubu Oposisi Pasca Rekonsiliasi Prabowo-Jokowi)

Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...