8 Film Lokal yang Tayang Agustus, Jagoan Lokal Hingga Adaptasi Novel

Penulis: Michael Reily

Editor: Sorta Tobing

25/7/2019, 16.39 WIB

Pada Agustus nanti ada dua film nasional yang berasal dari adaptasi novel karya Pramoedya Ananta Toer, yaitu Perburuan dan Bumi Manusia.

film indonesia agustus 2019
Katadata
Poster film Bumi Manusia, adaptasi dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer, akan tayang pada 15 Agustus 2019.

Keriuhan film nasional pada bulan Agustus menjadi salah satu momen yang menarik. Sebanyak delapan film karya anak bangsa siap berebut penonton dengan cerita yang menarik dan audiovisual atraktif.

Apalagi, bulan depan bertepatan perayaan Hari Kemerdekaan ke-74 pada 17 Agustus 2019. Tak ayal, ada film-film yang menggambarkan nasionalisme. Bahkan, ada dua film nasional yang berasal dari adaptasi novel karya Pramoedya Ananta Toer.

Aktor dan aktris pemeran juga beragam, dari bintang yang sudah terkenal sampai pemeran baru. Begitu pun dengan sutradaranya, mulai dari nama terkenal Hanung Bramantyo sampai pendatang baru Archie Hekagery.

Berikut judul serta sedikit cerita tentang film yang bakal tayang bulan depan.

1. Bridezilla - 1 Agustus 2019

Dara (Jessica Milla) ingin mewujudkan pernikahan yang megah dengan Alvin (Rio Dewanto) sebagai obsesi masa kecil. Dia pun mendapatkan bantuan dari sahabatnya Key (Sheila Dara). Namun, Wedding Star sebagai pemberi gelar pernikahan terbaik memberikan persyaratan yang sangat sulit. Bahkan, sikap perfeksionis Dara malah mengancamnya kehilangan segalanya. Andibachtiar Yusuf menjadi sutradara film tentang pernikahan ini.

2. Wedding Agreement - 8 Agustus 2019

Btari Hapsari (Indah Permatasari) harus menghadapi perjanjian pernikahan yang mengharuskan dia menceraikan Byantara Wicaksana (Refal Hady) dalam waktu setahun. Alasannya, dia hanya menjadi orang untuk menyenangkan janji suami kepada orangtuanya. Sarah (Aghniny Haque) terus mencoba memisahkan pasangan baru itu. Film yang berasal dari novel dengan judul sama itu disutradarai oleh Archie Hekagery.

3. Mahasiswi Baru - 8 Agustus 2019

Sutradara Monty Tiwa menyutradarai film tentang kehidupan mahasiswa di universitas. Aktor dan aktris muda Morgan Oey, Mikha Tambayong, Umay Shahab, dan Sonia Alyssa membentuk geng yang sering membuat keonaran. Bahkan, kelompok itu mengajak Lastri, mahasiswi baru namun sudah tua yang diperankan aktris lawas Widyawati, ikut gaya hidup mereka

4. Makmum - 15 Agustus 2019

Berasal dari adaptasi film pendek dengan titel yang sama, Makmum mencoba memberikan cerita horor. Di situs web berbagai video YouTube, film versi pendeknya yang disutradari Riza Pahlevi berhasil menarik penonton sebanyak 19 juta orang. Sutradara Hadrah Daeng Ratu pun mengarahkan Titi Kamal, Jajang C Noer, Reny Uiliana, serta tiga aktris muda Tissa Bianni, Bianca Hello, dan Adila Fitri.

5. Perburuan - 15 Agustus 2019

Adaptasi dari salah satu novel klasik karya Pramoedya Ananta Toer dengan judul sama, yang dirilis pada 1950. Richard Oh menjadi sutradara dengan aktor utama yaitu Adipati Dolken dan Ayushita.

Perburuan menceritakan tentara Jepang yang mencari Hardo, serdadu Pembela Tanah Air (PETA). Aksi pengejaran selama satu hari satu malam jelang Proklamasi Kemerdekaan mengungkapkan drama perjuangan.

6. Bumi Manusia - 15 Agustus 2019

Film ini juga adaptasi novel Pramoedya Ananta Toer dengan judul sama yang terbit pada 1980. Bumi Manusia adalah seri pertama dalam Tetralogi Pulau Buru. Hanung Bramantyo menjadi sutradara dan Iqbaal Ramadhan menjadi aktor utama.

Bumi Manusia menceritakan tentang kisah cinta pribumi Jawa bernama Minke dan Annelies seorang gadis blasteran Indonesia-Belanda. Ayah Minke yang seorang bupati tak setuju dengan Ibu Annelies yang punya posisi nyai atau selir.

7. Twivortiare - 29 Agustus 2019

Adaptasi novel Ika Natassa dengan judul yang sama. Sutradara Benni Setiawan menggambarkan cerita tentang konflik dan pertengkaran pasangan dokter bedah yang sibuk Beno Wicaksono (Reza Rahardian) dan bankir yang sukses Alexandra Rhea (Raihaanun) yang sibuk.

8. Gundala - 29 Agustus 2019

Sutradara film Gundala, Joko Anwar menyatakan bahwa Gundala akan menjadi pembuka Jagat Semesta BumiLangit buatan Bumilangit Studios. Tak kalah dari Marvel Cinematic Universe dari Marvel Studios atau DC Extended Universe dari DC Films, Bumilangit Studios punya hak cipta lebih dari 1.100 karakter komik Indonesia.

Nama-nama artis peran besar pun ikut memeriahkan film. Abimana Aryasatya, Rio Dewanto, dan Ario Bayu, ikut serta dalam film. Penggarapan Gundala secara serius dalam 53 hari pengambilan gambar dan jumlah pemain yang ikut serta mencapai 1.800 orang.

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan