Setidaknya 2 Film Indonesia Diprediksi Masuk Box Office Agustus

Pingit Aria
30 Juli 2019, 13:16
Potongan adegan dalam teaser trailer film Gundala yang disutradarai Joko Anwar.
Youtube/Screenplay Films
Potongan adegan dalam teaser trailer film Gundala yang disutradarai Joko Anwar.

Film lokal diprediksi bakal mendominasi layar bioskop lokal pada Agustus 2019. Setidaknya ada 11 judul film Indonesia yang akan dirilis bulan depan. Melibatkan nama-nama besar, beberapa film juga diprediksi akan masuk daftar box office.

“Menurut saya, minimal ada dua film yang penontonnya akan di atas 1 juta, Bumi Manusia dan Gundala,” kata Pengamat perfilman Yan Wijaya kepada Katadata, Selasa (30/7).

Film Bumi Manusia diadaptasi dari novel Pramoedya Ananta Toer yang berjudul sama. Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dengan aktor utama Iqbaal Ramadhan yang sebelumnya sukses memerankan sosok Dilan. Bumi Manusia diproduksi oleh Falcon Pictures yang telah banyak menghasilkan film laris.

Sedangkan film Gundala datang dengan genre pahlawan super yang terbilang jarang dieksplorasi oleh sineas Indonesia. “Ini yang membuat Gundala ditunggu-tunggu,” kata Yan. Nama Joko Anwar sebagai sutradara dianggap menjanjikan karena telah melahirkan beberapa film laris seperti Pengabdi Setan, A Copy of My Mind, hingga Janji Joni.

(Baca juga: Saingi Marvel, Akan Ada Jagat Superhero di Film Indonesia)

Yan menyebut, beberapa film lain sebenarnya juga berpeluang masuk daftar box office. Namun, persaingan memperebutkan penonton bioskop akan sangat ketat karena ada beberapa film yang tayang bersamaan.

Selain Bumi Manusia, Falcon Pictures juga akan merilis film Perburuan pada 15 Agustus 2019. Keduanya sama-sama diangkat dari novel Pramoedya. Namun, film Perburuan akan disutradarai oleh Richard Oh dengan bintang utama Adipati Dolken.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...