Megawati Ajak Prabowo Bertarung Lagi di Pemilu 2024

Penulis: Ratna Iskana

8/8/2019, 15.42 WIB

Pasca Pemilu 2019, Megawati menyebut pertarungan dengan Prabowo bisa dilakukan lagi lima tahun mendatang.

kongres pdip, megawati soekarnoputri, prabowo subianto
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) berpamitan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) usai menggelar pertemuan tertutup di Jakarta, Rabu (24/7/2019). Pertemuan kedua tokoh nasional bersama sejumlah elit Partai Gerindra dan PDI Perjuangan tersebut dalam rangka silaturahmi pasca Pemilu Presiden 2019.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengajak Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto kembali bertarung pada tahun 2024. Pernyataan Megawati tersebut dilontarkan dalam pidato sambutan acara pembukaan Kongres V PDIP di Bali, Kamis (8/8).

Awalnya Megawati mencermati kehadiran Prabowo dalam Kongres V PDI Perjuangan bersama para tamu undangan lain yang menurutnya menghangatkan suasana kongres. Dia bercerita saat pertemuannya dengan Prabowo di kediamannya di Teuku Umar. Kala itu dirinya sempat menanyakan kesediaan Prabowo hadir dalam Kongres PDIP.

"Saya tanya begini, nanti mau nggak saya undang ke Kongres PDI Perjuangan, kalau nggak mau ya nggak apa-apa, eh ternyata beliau mau," kata Megawati.

Megawati pun menyatakan dirinya sebenarnya sudah letih terus "bertempur". Namun jika dia harus "bertempur" lagi dengan Prabowo, maka akan dilakukan lima tahun mendatang. "Iya lho, kan capek ya kalau disuruh namanya 'tempur' terus. Ya sudah lah, nanti 'tempur' lagi di 2024," seloroh Megawati.

Pernyataan itu menyulut tawa Prabowo Subianto. Megawati juga tampak tertawa kecil sembari melirik kepada Prabowo ketika menyampaikan hal tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Megawati juga mengungkapkan keberhasilan PDIP menang di Jawa Tengah (Jateng) yang disebutnya sebagai "kandang banteng" dalam Pemilu 2019 lalu. Menurutnya, kehadiran posko pemenangan Prabowo-Sandiaga di Jateng justru menjadi pemacu semangat PDIP menang di wilayah tersebut.

"Jadi waktu itu posko (Prabowo) dipindah ke Jateng. Orang sudah tahu itu kandang banteng," kata Megawati.

Megawati pun mengatakan jika tidak ada musuh, banteng cenderung pandai "merumput". Namun begitu ada wacana posko Prabowo dipindah ke Jawa Tengah, Megawati menginstruksikan kadernya untuk bergerak memenangkan PDIP.

"Pak Jokowi tanya bagaimana Jawa Tengah. Saya bilang kalem. Saya bilang 'Pak kalau dia nggak ada musuh, namanya juga banteng, ya pintar merumput. Nanti ketum turun ke Jateng'," kata Megawati.

Mega mengisahkan dirinya akhirnya ke Jateng, dan menanyakan kepada kadernya apakah mereka kader "banteng" atau bukan. "Mereka langsung jawab, 'banteng Bu'. Saya bilang 'asah tandukmu', langsung serbu," seloroh Megawati lalu tertawa.

Prabowo yang mendengar hal tersebut pun sontak tertawa mendengar cerita Megawati itu. Prabowo juga tampak berdiri dari kursinya dan memberikan hormat kepada Megawati sambil tersenyum.

"Habis bapak bikin capek saya," seloroh Mega yang kembali disambut tawa seluruh peserta dan tamu kongres.

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha