Obligasi Diaspora Disiapkan Khusus untuk Orang Indonesia di Perantauan

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Happy Fajrian

11/8/2019, 11.19 WIB

Diaspora Indonesia akan menawarkan imbal hasil yang menarik.

Kementerian tengah mengkaji penerbitan diaspora bond yang diperuntukan warga negara Indonesia di luar negeri.
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Kementerian tengah mengkaji penerbitan diaspora bond yang diperuntukan warga negara Indonesia di luar negeri.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dikabarkan tengah mengkaji penerbitan diaspora bond. Adapun Diaspora Bond merupakan Surat Berharga Negara (SBN) yang dikhususkan bagi diaspora atau orang-orang Indonesia yang merantau di luar negeri

Presiden Indonesian Diaspora Network Global (IDN Global) Mark Gerald Eman mengatakan bahwa surat utang ini akan dilakukan secara bertahap.

"Untuk diaspora bond kita melakukannya bersama Kemenkeu secara bertahap. Jadi kalau ditanya kapan mulainya ya bisa mulai secepatnya. Karena banyak sekali teman-teman yang di luar Indonesia yang sangat excited dengan diaspora bond," katanya di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (10/8).

Selanjutnya, target dari diaspora bond dia menjelaskan ia akan dibagi menjadi dua. Target pertama yaitu untuk orang Indonesia yang berada di luar negeri yang memiliki paspor. Kedua untuk yang tidak memiliki paspor. Namun, untuk diaspora yang tidak memiliki paspor akan dilakukan langkah-langkah lebih lanjut.

(Baca: Menlu: Diaspora Bisa Jadi Agen Pembangunan Indonesia)

"Ini yang sedang dikaji bersama Kemenkeu dan diharapkan bisa segera rampung," ucap dia. Dia juga berpendapat diaspora bond dapat menguntungkan bagi diaspora maupun Indonesia. Hal ini karena imbal hasil yang ditawarkan dari investasi ini sangat menarik bagi diaspora dan di sisi lain juga akan sangat membantu pemasukan negara.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi meminta agar diaspora bisa menjadi salah satu kunci pembangunan Indonesia. "Diaspora yang tinggal di negara lain bisa berinvestasi di Indonesia. Ini salah satu cara agar diaspora bisa berkolaborasi dengan pemerintah membangun ekonomi," ujarnya.

Dia pun menyatakan ketertarikannya dengan wacana Kemenkeu untuk menerbitkan diaspora bond. Ia meminta diaspora Indonesia yang ada di negara lain tentunya harus terus berkontribusi terhadap kemajuan bangsa Indonesia. Selain membangun ekonomi, Retno berharap diaspora dapat menjadi agen pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

(Baca: Pemerintah Diminta Bentuk Badan Nasional Diaspora)

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN