Ridwan Kamil: Ketekunan Kunci Dari Sukses

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Happy Fajrian

11/8/2019, 10.23 WIB

"Kalau saya diajak berdebat, saya balas dengan tekun berkarya," kata Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kunci sukses Ridwan Kamil hingga bisa menjadi Gubernur Jawa Barat dan seorang arsitek handal adalah ketekunan dan mencintai apa yang dia kerjakan.
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kunci sukses Ridwan Kamil hingga bisa menjadi Gubernur Jawa Barat dan seorang arsitek handal adalah ketekunan dan mencintai apa yang dia kerjakan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membagikan beberapa kunci kesuksesan yang selama ini ia jalankan. Kunci kesuksesan tersebut ia jalankan hingga dirinya kini sukses menjadi pejabat pemerintah serta arsitek handal.

"Persistence (ketekunan) itu penting dan menjadi kunci kesuksesan saya. Makanya saya kalau diajak berdebat, saya balas dengan tekun berkarya," ujarnya saat mengisi sesi pada kongres diaspora ke-5 di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (10/8).

Ia pun melanjutkan, jika seseorang ingin sukses, tak perlu terlalu banyak mendengarkan orang. Jika niat dan yang dilakukan baik serta sesuai aturan, keberhasilan itu dinilai dirinya akan datang sendiri.

Selain itu, kunci kesuksesan lainnya menurut Kang Emil yakni mencintai apa yang kita kerjakan . "Cintai apa yang kamu kerjakan, kerjakan apa yang kamu cintai," ujarnya.

(Baca: Gandeng eFishery, Ridwan Kamil Kembangkan Kampung Perikanan)

Ia menegaskan, seseorang tidak akan sukses jika bekerja karena terpaksa. Maka dari itu, dia mengaku mencintai perannya sebagai gubernur dan arsitek.

Dengan ketekunan, warga Indonesia dinilai Ridwan bisa menjadi orang-orang yang hebat di dunia. "Apalagi berdasarkan survei, warga negara Indonesia memiliki tingkat optimisme yang paling tinggi dibanding negara lain di dunia. Ini yang bisa menjadikan bangsa Indonesia nantinya akan menjadi orang hebat di dunia," ucap dia.

Pernyataan senada turut disampaikan oleh Aktris Cinta Laura. "Ketekunan itu yang paling penting untuk mendorong kamu apalagi saat gagal," katanya.

Menurut Cinta, jika tidak ada ketekunan, talenta dan keberuntungan tidak akan ada artinya. Cita-cita dan mimpi yang ingin diraih tak akan bisa terwujud tanpa ada kegigihan.

Bahkan ia menceritakan, dulunya Cinta merupakan orang yang sangat mudah minder. "Tapi ya aku pakai keminderan itu untuk mendorong aku dan motivasi aku sehingga aku bisa kayak sekarang," tutupnya.

(Baca: Pemerintah Diminta Bentuk Badan Nasional Diaspora)

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN