Sinyal Amendemen UUD 1945, PAN Siap Gabung PDIP Bentuk Pimpinan MPR

Image title
Oleh Antara
12 Agustus 2019, 13:19
PAN, PDIP, Partai Politik.
Donang Wahyu|KATADATA
Gedung DPR MPR Ri. PAN siap bergabung paket pimpinan MPR yang diajukan PDIP.

Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan siap bergabung dalam paket pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang diajukan PDI Perjuangan. Selain itu, PAN juga memberi sinyal mendukung usulan amendemen terbatas Undang-Undang Dasar 1945 oleh partai banteng tersebut.

PDIP sebelumnya membuka kemungkinan partai politik eks Koalisi Indonesia Adil Makmur bergabung di paket pimpinan MPR. Namun syaratnya, parpol harus mendukung amendemen UUD 1945. Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN Saleh Partaoanan Daulay menyebut usul PDIP untuk mengamendemen UUD 1945 merupakan ide yang bijak.

Ini lantaran MPR harus menjadi lembaga politik yang bersifat kebangsaan. Tandanya, semua fraksi dan kelompok bisa bersatu di dalamnya. "Yang penting, kepentingan masyarakat luas bisa terakomodir," kata Saleh dilansir dari Antara, Senin (12/8).

(Baca: PDIP Dorong Ahmad Basarah Jadi Ketua MPR)

Saleh mengklaim semua fraksi parpol dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di MPR saat ini setuju dengan amendemen terbatas UUD 1945. Bukan hanya itu, agenda menghidupkan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) juga disebutnya telah disepakati.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...