PDIP Dorong Ahmad Basarah Jadi Ketua MPR

Image title
24 Juli 2019, 12:51
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ketiga kiri) didampingi Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Puan Maharani (kedua kiri) dan Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto (kanan) tiba untuk mengikuti Konsolidasi H-30 Pemilu Presiden dan
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ketiga kiri) didampingi Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Puan Maharani (kedua kiri) dan Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto (kanan) tiba untuk mengikuti Konsolidasi H-30 Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengungkapkan keinginannya menduduki pucuk pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Partai pemenang dalam Pemilihan Umum 2019 lalu itu mendorong salah satu kadernya Ahmad Basarah untuk menjadi Ketua MPR.

Sekertaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkapkan  kemungkinan itu terbuka lebar karena dalam Pemilu 2019 lalu partainya meraih  60,7% suara. "Modal ini akan kami pakai juga,” ujarnya di Kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Senin, (24/7).

Advertisement

Menurutnya, PDIP punya komitmen untuk mengembalikan marwah MPR sebagai lembaga yang punya kewenangan dalam menetapkan konsep haluan Negara.

(Baca juga: Jokowi Tak Hadir, Hanya Dilapori Pertemuan Megawati dan Prabowo)

Hanya, menurutnya nama Ahmad Basarah masih belum menjadi keputusan final. Sebab, Megawati selaku Ketua Umum PDIP masih akan menggodok nama nama lain untuk menduduki kursi Ketua MPR.

Selain itu, suara dari partai koalisi juga akan diperhitungkan. Menurut Hasto, Mega bersama jajaran partai lain akan bermusyawarah guna mencermati nama - nama lain yang dianggap pantas menyandang kursi pimpinan parlemen.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement