Donald Trump Jr, Penerus Bisnis Properti Trump yang Melirik Indonesia

Penulis: Pingit Aria

13/8/2019, 13.23 WIB

Seperti sang ayah, Donald John Trump Jr punya rekam jejak panjang di bisnis properti.

Donald Trump Jr bersama ayahnya, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.
Instagram/@donaldjtrumpjr
Donald Trump Jr bersama ayahnya, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Putra sulung Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Donald Trump Jr, sedang berada di Indonesia. Pagi ini, ia bertemu dengan taipan pemilik MNC Group, Hary Tanoesoedibjo untuk membahas prapeluncuran Trump Recidences Indonesia, a Luxury Collection by MNC Land.

Kedatangan Trump Jr ke Tanah Air pun menjadi sorotan masyarakat. Berikut sekilas profil dan rekam jejak bisnisnya.

Trump Jr merupakan putra sulung Donald Trump dengan istri pertamanya, Ivana. Trump Jr memiliki dua saudara kandung, yakni Eric dan Ivanka. Ia juga memiliki dua saudara tiri bernama Tiffany, hasil pernikahan sang ayah dengan Marla Maples, serta Baron dari Melania.

Saat menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump memasrahkan seluruh bisnis propertinya pada Trump Jr dan Eric. Sedangkan Ivanka membantunya di pemerintahan. Dua anaknya yang lain, Tiffany dan Baron kini masih menempuh pendidikan.

(Baca juga: Kicauan Presiden Trump dan Defisit CAD RI Melemahkan Rupiah Senin Ini)

Dikutip dari laman resminya, Trump Jr saat ini menjabat sebagai Excecutive Vice President The Trump Organization. The Trump Organization merupakan perusahaan yang membidangi pengembangan properti, investasi, broker saham, penjualan dan pemasaran, dan manajemen properti.

Trump Jr lahir di Manhattan, New York, 42 tahun yang lalu. Sejak bergabung dengan The Trump Organization pada 2001, ia telah memegang sejumlah proyek bisnis real estate keluarga.

Tugas perdananya kala itu ialah membangun West Side Yard atau langsiran rel milik Otoritas Transportasi Metropolitan New York. West Side Yard merupakan tempat untuk memarkirkan kereta komuter yang dioperasikan oleh anak perusahaan Long Island Rail Road.

Ia kemudian terlibat proyek pembangunan properti yang lebih besar. Di antaranya, Trump Park Avenue yang merupakan konvensi landmark Hotel Delmonico yang kini menjadi kondominium perumahan mewah di pinggir Central Park, New York.

(Baca juga: Pendapatan dari Iklan Digital Naik, Laba MNC Tumbuh 73,4%)

Masih dari laman Trump.com, pada 2003, Trump Jr ditugasi mengawasi pembangunan hingga pengembangan Trump International Hotel and Tower di Chicago. Bangunan setinggi 92 lantai ini menaungi 486 kondominium residensial, 339 unit kondominium hotel, dan pertokoan empat tingkat.

Selanjutnya, Trump Jr juga memimpin penggarapan Trump International Hotel yang berlokasi di Las Vegas. Kemudian, pada 2006-2012, ia membangun kawasan golf dengan luas 1.400 hektare di Skotlandia.

Belakangan, ayah lima anak itu memperluas branding Trump ke beberapa negara. Di antaranya, proyek Trump Towers Pune, Trump Tower Mumbai, Trump Tower Kolkata, dan Trump Towers Delhi NCR di India. Di Indonesia, Trump family bakal menggarap dua proyek dengan HT, yakni MNC Lido City di Bogor, dan MNC Bali Resort.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN