Mentan Copot Seluruh Pejabat yang Tersangkut Kasus Suap Bawang Putih

Rizky Alika
13 Agustus 2019, 15:07
mentan, amran sulaiman, suap bawang putih
ANTARA FOTO/ Dewi Fajriani
Menteri Pertanian Amran Sulaiman mencopot sejumlah pejabat eselon II, III, dan IV yang terkait dengan kasus suap bawang putih impor.
 

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mencopot seluruh pejabat eselon II, III, dan  IV yang terkait kasus impor bawang putih. Para pejabat tersebut terkait dengan verifikasi wajib tanaman bawang putih di Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura. 
 
"Amran ingin Kementan jelas sikapnya terkait kasus ini serta memberikan ruang yang luas bagi KPK (Komisi Pemberantas Korupsi) untuk melakukan penyelidikan,” kata Inspektur Jenderal Kementan di Kantor Pusat Justan Siahaan seperti dikutip dalam siaran pers, Selasa (13/8). 

Meskipun belum diketahui keterlibatan pejabat tersebut, Justan mengatakan Amran merasa perlu mengambil langkah tegas. Hal ini dilakukan  guna menjaga reputasi Kementerian Pertanian dan komitmen anti korupsi. 

Advertisement

(Baca: Mendag Akan Masukkan Importir Kasus Suap Bawang Putih ke Daftar Hitam)

 

Saat ini, Kementan juga telah bekerjasama dengan KPK. Terdapat tiga personil KPK yang ditempatkan di Kementan sebagai langkah pencegahan korupsi. 

Ia menyebut saat ini terdapat pegawai Ditjen Hortikultura telah melaporkan ke KPK terkait pemberian gratifikasi. Ditjen Hortikultura juga sudah memasukkan 72 importir bawang nakal ke dalam daftar hitam.

"Mentan tidak ingin terjadi fitnah dan merusak nama baik kementerian yang dipimpinnya," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement