Kursi Wagub DKI Masih Kosong, Ini Profil Calon Pengganti Sandiaga

Image title
Oleh Abdul Azis Said
15 Agustus 2019, 08:53
Anies Baswedan, Sandiaga Uno, wagub DKI Jakarta, pengganti Sandiaga Uno jadi wagub DKI, Ahmad Syaikhu, Agung Yulianto, Sara Djojohadikusumo
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) berjabat tangan dengan Wakil Gubernur Sandiaga Uno (kiri) seusai Rapat Paripurna di DPRD DKI Jakarta, Rabu (15/11/2017). Kursi wagub DKI Jakarta yang ditinggalkan Sandiaga sejak 2018 hingga kini masih kosong.

Setahun sudah kursi wakil gubernur DKI Jakarta kosong setelah ditinggalkan Sandiaga Uno. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyentil kinerja Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wagub DKI Jakarta yang dianggap molor. Padahal, sejumlah calon telah diajukan sejak tahun lalu. 

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyodorkan nama Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto sebagai calon wagub yang bakal menggantikan Sandiaga. Keduanya resmi menjadi calon wagub DKI yang telah diajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Sebelumnya, nama keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, juga sempat disebut-sebut sebagai calon wagub DKI. 

Berikut ini adalah profil dari ketiga tokoh tersebut. 

Ahmad Syaikhu

Politisi PKS Ahmad Syaikhu adalah mantan wakil wali kota Bekasi, Jawa Barat. Setelah masa jabatannya habis, ia maju di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Ia berpasangan dengan Sudrajat tetapi ia kalah suara dibandingkan pesaingnya, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

Pria kelahiran Cirebon, 23 Januari 1965 ini merupakan seorang akuntan lulusan Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN). Sebelum terjun ke dunia politik, ia pernah bekerja sebagai auditor di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumatera Selatan pada 1986. Tiga tahun bekerja, Syaikhu kemudian dimutasi ke BPKP Pusat.

Setelah mengakhiri kariernya sebagai auditor, Syaikhu mulai terjun ke dunia politik dengan bergabung sebagai kader PKS. Syaikhu kemudian maju pada Pemilihan Legislatif (Pileg) Kota Bekasi dan berhasil lolos sebagai anggota DPRD Bekasi pada 2004. Belum usai jabatannya sebagai anggota dewan, pada 2008 ia maju sebagai calon wali kota Bekasi tetapi gagal terpilih.

Sebelum menjadi wakil wali kota pada 2013, Syaikhu sempat kembali menduduki kursi legislatif dan berhasil lolos sebagai anggota DPRD Jawa Barat periode 2009-2013. Meski gagal di Pilgub Jabar tahun lalu, Syaikhu lolos ke Senayan. Ia akan menduduki kursi anggota DPR RI periode 2019-2024 setelah meraup suara terbanyak untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat 7.

Selain piawai mengurusi legislatif dan eksekutif, Syaikhu juga berbakat di bidang olahraga menembak. Ia sempat menjabat sebagai Ketua Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) cabang Kota Bekasi selama dua periode. Setelah itu, ayah dari enam anak ini juga dipercayai memegang jabatan sebagai pembina di Perbakin Kota Bekasi.

(Baca: Anies Baswedan Tanpa Wakil Gubernur Pengganti Sandi Menginjak 350 Hari)

Agung Yulianto

Agung Yulianto adalah politisi PKS yang juga berprofesi sebagai akuntan. Lulusan STAN ini juga pernah bekerja sebagai auditor di BPKP Pusat sebagaimana Ahmad Syaikhu.

Namanya mulai muncul ketika disebut sebagai kandidat calon wagub untuk Anies pada akhir tahun lalu. Di partainya, Agung menjabat Sekretaris Umum dari Dewan Pengurus Wilayah PKS DKI Jakarta.

Sepanjang masa rehatnya sebagai auditor sebelum terjun ke politik, Agung juga pernah meniti karir sebagai pengusaha untuk jaringan produk halal. Perusahannya yang bernama PT Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) merupakan pabrikan produk herbal, salah satunya komestik herbal halal. Di perusahaan tersebut, Agung memegang posisi sebagai direktur utama.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...