Selain Aruna, SoftBank Dikabarkan Bakal Suntik Modal Ruangguru

Desy Setyowati
15 Agustus 2019, 09:31
SoftBank investasi di ruangguru
Desy Setyowati|KATADATA
Ilustrasi. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengatakan bahwa SoftBank akan berinvestasi di startup pendidikan Ruangguru.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa SoftBank akan berinvestasi di startup pendidikan Ruangguru. Sebelumnya, ia juga menyampaikan bahwa investor asal Jepang itu bakal menanamkan modal di perusahaan rintisan bidang perikanan, Aruna.

Hal itu disampaikan Luhut setelah CEO SoftBank Masayoshi Son bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beberapa pelaku usaha pada akhir Juli. Luhut juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Sebagai hasil dari pertemuan ini, SoftBank berkomitmen untuk menyalurkan investasi US$ 2 miliar melalui Grab. Son juga menegaskan bahwa perusahaannya akan berinvestasi di banyak startup Indonesia.

“Mereka (SoftBank) juga mau masuk ke Aruna. Janjinya begitu, startup-startup baru,” kata Luhut di kantornya, Jakarta, Selasa (13/8) lalu. Mengutip dari Kr-Asia, SoftBank juga dikabarkan bakal berinvestasi di Ruangguru.

(Baca: Menko Luhut: SoftBank Bakal Investasi di Startup Perikanan, Aruna)

Sebelumnya, CEO sekaligus pendiri Ruangguru Adamas Belva Syah Devara mengisyaratkan bakal mendapat pendanaan tahun ini. Namun, ia enggan berkomentar perihal nilai maupun investornya. “Tahun ini akan ada pendanaan dan besar (nilainya),” kata dia, pada Juli lalu.

Belva juga tidak secara spesifik menyampaikan bahwa perusahannya menargetkan status unicorn atau memiliki valuasi lebih dari US$ 1 miliar. “Status unicorn bisa tahun ini atau tahun depan,” katanya.

Dia hanya mengatakan, perusahaannya fokus pada upaya mengatasi tantangan pendidikan di Indonesia. Karenanya, tambahan modal itu akan digunakan untuk mengembangkan produk baru dan menambah jumlah Sumber Daya Manusia (SDM).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...