10 Startup yang dapat Suntikan Modal dari SoftBank

Oleh Andrea Lidwina, 2/8/2019, 08.14 WIB

SoftBank merupakan salah satu perusahaan ventura (Venture Capital) yang kerap menginjeksi modal ke berbagai startup di dunia.

Unduh Infografik
Share

Chairman dan Chief Executive Officer (CEO) SoftBank Group Masayoshi Son bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 29 Juli 2019. Setelah pertemuan itu, Masayoshi mengatakan akan berinvestasi sebesar US$ 2 miliar melalui Grab untuk membangun kantor pusat startup layanan on-demand tersebut di Jakarta. Selain itu, ia juga tertarik memberikan suntikan dana untuk pengembangan ekosistem mobil listrik di Indonesia.

SoftBank merupakan salah satu perusahaan ventura (Venture Capital) yang kerap menginjeksi modal ke berbagai startup di dunia. Beberapa di antaranya didirikan atau memiliki layanan di Indonesia, seperti Grab, Tokopedia, OYO, dan KLOOK. Pada 2016, SoftBank juga mendirikan Vision Fund, sebuah wadah investasi di sektor teknologi.

SoftBank Group didirikan oleh Masayoshi Son pada 3 September 1981. Awalnya, perusahaan konglomerasi asal Jepang ini hanya bergerak di bidang suku cadang komputer, lalu berekspansi ke bidang telekomunikasi, e-commerce, teknologi, keuangan, dan media. Forbes menempatkan SoftBank pada peringkat 36 dalam Global 2000: The World’s Largest Public Company.