Optimisme Dorong Investor Keluar dari Aset Aman, Harga Emas Turun

Martha Ruth Thertina
22 Agustus 2019, 09:21
harga emas hari ini, harga emas antam hari ini
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi emas

Harga emas dunia bergerak pada level yang lebih rendah. Hal ini seiring pergerakan naik di bursa saham di tengah berkembangnya optimisme seputar negosiasi dagang AS-Tiongkok serta ekonomi.

Mengutip Bloomberg, harga emas berjangka di bursa comex berada pada level US$ 1.510,8 per ounce, turun 0,32% dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya. Sedangkan harga emas di pasar spot tercatat berada di level US$ 1.501 per ounce, turun 0,05% dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya.

Ahli strategi senior komoditas di RJO Futures Philip Streible mengatakan optimisme telah membuat orang keluar dari penempatan di aset aman. “Orang keluar dari tempat aman untuk mengambil risiko di saham,” kata dia seperti dikutip Reuters, Kamis (22/8).

(Baca: Gerak IHSG Diprediksi Bervariasi Jelang Rilis Bunga Acuan BI Hari Ini)

Optimisme berkembang di pasar setelah Presiden Donald Trump menyatakan negosiasi dagang AS dengan Tiongkok serta negosiasi dagang lainnya berjalan dengan baik.

Di sisi lain, ia kembali menekan bank sentral AS untuk memangkas bunga acuan, dengan mengatakan bahwa kebijakan bank sentral AS telah menahan ekonomi negara dan mengurangi kemampuan negara untuk berkompetisi secara ekonomi.

Adapun pelaku pasar kini tengah menunggu rilis hasil rapat kebijakan bank sentral AS pada Juli lalu. Ini untuk membaca arah kebijakan bunga acuan ke depan.

Indeks di bursa saham AS ditutup menguat pada Kamis pagi tadi. Indeks Dow Jones naik 0,93%, S&P 500 naik 0,82%, Nasdaq Composite naik 0,9%, begitu juga NYSE Composite dan S&P/TSX Composite naik masing-masing 0,77% dan 0,59%.

Sebelumnya, bursa saham Eropa juga ditutup menguat, dengan Euro Stoxx 50 Pr naik 1,33%, Dax naik 1,3%, dan FTSE 100 naik 1,11%. Sedangkan Kamis pagi ini, indeks saham di bursa Asia dibuka bervariasi, dengan Nikkei dan CSI 300 dibuka menguat masing-masing 0,33% dan 0,16%.  

Seiring pergerakan turun harga emas dunia, harga emas Antam ikut turun. Harga emas Antam tercatat Rp 755 ribu, atau turun Rp 1.000 dibandingkan perdagangan kemarin. Sedangkan harga penjualan kembali, misalnya di Butik Emas Logam Mulia Pulo Gadung, tercatat Rp 683 ribu per gram, turun Rp 1.000 dibandingkan perdagangan kemarin.

Harga Emas Antam, Kamis, 22 Agustus 2019:

Emas batangan 0,5 gr: Rp 402,000

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...