11 Hari Tayang, Bumi Manusia Raup Nyaris 1 Juta Penonton

Penulis: Pingit Aria

27/8/2019, 19.48 WIB

Film Gundala akan tayang dalam dua hari, sehingga jumlah layar bioskop untuk Bumi Manusia akan berkurang.

Poster Bumi Manusia
Katadata

Film Bumi Manusia telah tayang di bioskop sejak 15 Agustus 2019. Dalam 11 hari penayangannya, film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini belum mencapai angka 1 juta penonton. Sebagai perbandingan, film Dua garis Biru masuk daftar box office hanya dalam enam hari.

Menurut laporan filmindonesia.or.id, film Bumi Manusia ditonton 936.156 kali hingga Ahad 25 Agustus 2019. Angka ini masih lebih tinggi dari film Indonesia lain yang tayang perdana pada hari yang sama, yakni Makmum dan Perburuan.

Film Makmum yang bergenre horor mendapat 575.434 penonton. Sedangkan film Perburuan yang diangkat dari novel Pramoedya Ananta Toer hanya mendapat 19.299 penonton.

Film Indonesia lainnya yang juga masih tayang di bioskop, yakni Wedding Agreement mendapat 820.008 penonton. Sedangkan Mahasiswi Baru ditonton 210.575 orang, Ritual dengan 18.975 penonton, dan Move on Aja dengan 6.800 penonton.

(Baca: Spider Man, Sosok Superhero yang Diperebutkan Sony, Disney dan Marvel)

Pengamat perfilman Yan Wijaya sebenarnya optimistis Bumi Manusia akan mendapatkan lebih dari 1 juta penonton. “Menurut saya, bulan ini minimal ada dua film yang penontonnya akan di atas 1 juta, Bumi Manusia dan Gundala,” katanya.

Hanya, perjuangan Bumi Manusia yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan ini tampaknya akan semakin berat. Sebab, film pahlawan super Gundala akan mulai tayang dalam dua hari. Sedangkan, penonton sejak jauh hari telah membeli tiket untuk penayangan perdana film itu.

Ya, meski baru akan tayang mulai 29 Agustus 2019, tiket prapertunjukan Gundala telah dijual sejak 20 Agustus 2019 lalu.

Di Jakarta, beberapa bioskop yang mulai melayani pemesanan tiket Gundala adalah Kemang Village, Pondok Indah 1 dan 2, Gandaria City, Senayan City, Kota Kasablanca, Plaza Senayan, Epicentrum, Plaza Indonesia, Taman Anggrek, Emporium Pluit, St Moritz, Puri, Kelapa Gading, dan Artha Gading.

(Baca: Tayang Pekan Depan, Tiket Presale Gundala Laris Manis)

Penggemar pun antusias. "Baru empat jam pengumuman penjualan tiket dibuka, banyak bioskop yang sudah terisi penuh,” demikian dikutip dari siaran pers Bumilangit Studios, Rabu (21/8).

Tak mau penonton kecewa, pihak studio kemudian mengumumkan tambahan bioskop yang membuka penjualan awal tiket Gundala. “Ada 20 tambahan bioskop dan kota untuk presale Gundala. Sikat ya, teman-teman,” demikian dicuitkan Joko Anwar yang juga menjabat Produser Kreatif di Jagat Sinema Bumilangit, Kamis (22/8).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN