Menkominfo Sebut Ada yang Potong Kabel Telkom di Jayapura

Cindy Mutia Annur
30 Agustus 2019, 08:48
Kementerian Kominfo, Telkom, Papua.
ANTARA FOTO/Indrayadi TH
Sebuah bangunan dibakar saat berlangsungnya aksi unjuk rasa di Jayapura, Papua, Kamis (29/8/2019).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara menyebut ada yang memotong jaringan kabel optik Telkom di Jayapura. Hal ini membuat kabel penyebab layanan telepon dan pesan singkat (SMS) dan telepon di ibu kota Provinsi Papua terganggu sejak hari Kamis (29/9) kemarin. 

Rudiantara sekaligus membantah adanya blokir layanan telepon dan SMS di wilayah Jayapura. Dia mengatakan, kebijakan pemerintah sejauh ini hanya melakukan pembatasan akses internet, bukan pemadaman pada layanan  lainnya.

"Ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkom yang mengakibatkan matinya seluruh jenis layanan seluler di banyak lokasi di Jayapura," ujar Rudiantara melalui siaran pers, Kamis (29/8) malam.

(Baca: Kominfo Bantah Memblokir Layanan Telepon dan SMS di Papua)

Ia menjelaskan saat ini Telkomsel tengah memperbaiki kabel yang diputus tersebut. Perusahaan juga mengalihkan jaringan agar layanan suara dan SMS bisa difungsikan kembali. Selain itu, Kominfo juga sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk membantu pengamanan perbaikan.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu juga telah mengatakan pembatasan di Papua sejauh ini hanya pada akses internet saja.  "Jika di beberapa titik di Papua terjadi gangguan dalam layanan voice call dan SMS, itu bukan pemblokiran dari pemerintah dan Kominfo," ujarnya saat dihubungi Katadata.co.id, Kamis (29/8) malam.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...