Papua Belum Kondusif, Pembatasan Akses Internet Belum akan Dicabut

Image title
2 September 2019, 18:49
rusuh di papua, papua, pembatasan akses internet, wiranto
ANTARA FOTO/ZABUR KARURU
Warga mengumpulkan benda yang masih berharga dari sisa kebakaran rumah warga di Kota Jayapura, Papua, Senin (2/9/2019). Warga mulai membersihkan sisa-sisa kebakaran akibat unjuk rasa warga Papua pada Kamis (29/8/2019). Menko Polhukam Wiranto menegaskan bahwa pembatasan akses internet di Papua belum akan dicabut hingga tercipta suasana yang sepenuhnya kondusif di sana.

Belum terciptanya suasana yang kondusif secara menyeluruh pascaaksi yang berujung rusuh di Papua, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan bahwa pembatasan akses internet di sana belum akan dicabut.

"Aktivitas ini kan bentuk satu reaksi karena satu aksi. Kalau ga ada aksi yang menimbulkan kerusuhan dan suasana panas, tidak akan ada pelambatan media sosial," kata Wiranto dalam keterangan persnya di Media Center Menko Polhukam, Jakarta, Senin, (2/9).

Tak hanya akses internet, sebelumnya dia juga berjanji akan memberi masukan kepada Presiden agar memerintahkan Panglima TNI serta Kapolri untuk menarik pasukan dari Bumi Cendrawasih juga akan menunggu hingga situasi di Papua sudah sepenuhnya kondusif.

Pasalnya, dia menegaskan bahwa hingga saat ini dia belum menerima laporan terkait sudah terciptanya situasi kondusif yang menyeluruh di Papua. Kendati demikian, Wiranto juga mengatakan bahwa saat ini keadaan yang terjadi khususnya di Jayapura sudah berangsur kondusif.

(Baca: Wiranto dan Moeldoko Tuding Benny Wenda Aktor Rusuh di Papua)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...