Besok Menkominfo Cabut Blokir Akses Internet Papua secara Bertahap

Dimas Jarot Bayu
3 September 2019, 20:41
Papua, Blokir Internet, Kominfo.
Katadata/Cindy Mutia Annur
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Rudiantara mengatakan blokir internet di Papua dan Papua Barat dicabut mulai Rabu (3/9) besok.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan kementeriannya akan mencabut pemblokiran internet di Papua dan Papua Barat secara bertahap. Pencabutan blokir akses bakal dilakukan mulai besok, Rabu (4/9).

Menurut Rudiantara, normalisasi internet dilakukan bertahap dari tingkat provinsi hingga kabupaten atau kota. Untuk diketahui, Papua memiliki 29 kabupaten dan kota, sementara Papua Barat memiliki 13 kabupaten dan kota.

Advertisement

"Mudah-mudahan lebih banyak yang dipulihkan dari pada masih dibatasi," kata Rudiantara di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/9).

(Baca: Pemerintah Akan Cabut Blokir Internet Papua Dua Hari Lagi)

Rudiantara mengatakan tengah berkoordinasi terkait wilayah mana saja yang akan dicabut pemblokiran internetnya. Pembicaraan dilakukan salah satunya dengan tokoh masyarakat di Papua dan Papua Barat.

Selain itu, koordinasi juga dilakukan dengan pihak keamanan dan intelijen karena mereka yang mengerti kondisi keamanan Papua dan Papua Barat. Ia berharap aparat di dua provinsi tersebut melaporkan wilayah yang telah kondusif agar pemblokiran internet dicabut. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement