Jokowi Janjikan Pekerjaan di BUMN dan Swasta untuk 1.000 Sarjana Papua

Dimas Jarot Bayu
10 September 2019, 15:07
jokowi papua, kerusuhan di papua
Puluhan mahasiswa Papua berunjuk rasa menuntut referendum di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (28/8).

Presiden Joko Widodo menjanjikan pekerjaan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta perusahaan swasta besar untuk para sarjana asal Papua. Janji tersebut disampaikan Jokowi saat bertemu 61 tokoh Papua.

“Saya buka untuk BUMN dan perusahaan swasta besar. Sementara siang hari ini saya sampaikan 1.000 dulu-lah,” kata Jokowi dalam pertemuan tersebut, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9).

Menurut dia, warga Papua sebetulnya banyak yang pintar. Ini berdasarkan pengalamannya bertemu mahasiswa S1, S2, dan S3 asal Papua di luar negeri.

“Saya bangga karena di California, Amerika Serikat ketemu 12 mahasiswa kita dari Papua, sangat pintar-pintar. Waktu ke New Zealand juga ketemu lebih dari 10 mahasiswa kita dari Papua. Di Australia juga,” ujarnya.

(Baca: Kontras: Status Tersangka Veronica Koman Keliru dan Ancam Aktivis HAM)

Hanya saja, para mahasiswa asal Papua di luar negeri khawatir kesulitan mendapatkan pekerjaan setelah kembali ke Indonesia. Karena itu, Jokowi menilai sudah tugas pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan bagi para mahasiswa tersebut.

Ia pun berjanji akan menggunakan kewenangannya untuk meminta BUMN dan perusahaan-perusahaan swasta besar mempekerjakan putra-putri Papua. “Karena kalau lewat prosedur sudah kelamaan. Jadi kewenangan saya, saya gunakan, agar bisa menerima yang baru lulus mahasiswa dari tanah Papua,” ujarnya.

(Baca: Wiranto Jelaskan Alasan Tak Ada Opsi Referendum untuk Papua)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...