SBY Jenguk Habibie, Ibas Sebut Kondisi Kritis

Image title
10 September 2019, 13:16
Habibie, habibie Kritis
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Presiden Joko Widodo (kiri) menyambut Presiden ketiga RI BJ Habibie (kanan) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/5/2019). Dalam pertemuan tersebut BJ Habibie mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo untuk periode 2019-2024 berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, serta berpesan agar proses pemilu tidak membuat bangsa pecah dan menghambat pembangunan.

Putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengatakan, Baharuddin Jusuf Habibie dirawat di RSPAD Gatot Subroto dan dalam kondisi kritis. Informasi ini disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara pembekalan terhadap anggota legislatif dari Partai Demokrat di Jakarta, Selasa, 10 September 2019.

Ibas menjelaskan, sejatinya, SBY yang memberikan sambutan pada acara partai tersebut. Namun, dibatalkan lantaran menjenguk Habibie. “Di pagi hari ini Beliau dapat kabar bahwa mantan presiden kita Bapak BJ Habibie sedang dirawat di RSPAD. Sehingga Bapak SBY menjenguk ke sana," kata dia dalam sambutannya.

Ia pun meminta para kader partai untuk mendoakan kesehatan Habibie. “Semoga Beliau diberikan kesembuhan,” ujarnya.

(Baca: Presiden Ketiga RI BJ Habibie Dirawat Intensif di RSPAD)

Berdasarkan laporan Antara di RSPAD Gatot Subroto, sejumlah pejabat tampak mendatangi lokasi pada Selasa ini. Selain SBY, beberapa pejabat pemerintahan datang menjenguk termasuk Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dua tahun terakhir, Habibie diketahui beberapa kali menjalani perawatan di rumah sakit. Pada Maret 2018, Habibie dirawat di salah satu rumah sakit di Munchen, Jerman diduga karena ada kebocoran pada klep jantung yang pernah dipasang. Kemudian, pada Agustus tahun yang sama, Habibie juga dikabarkan pernah menjalani perawatan di RSPAD karena mengalami kelelahan.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...