Tinggal 4 Wilayah, Kominfo Buka Blokir Internet di Mimika dan Jayawija

Cindy Mutia Annur
10 September 2019, 21:39
Kominfo, Papua
Kominfo
Ilustrasi, Kementerian Kominfo memberikan cap disinformasi terkait Papua. Kominfo mulai membuka akses internet di Pulau Papua.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka blokir internet di Provinsi Papua dan Papua Barat secara bertahap. Seperti hari ini (10/9), Kominfo membuka akses internet di wilayah Mimika dan Jayawijaya karena dianggap sudah kondusif.

Dengan begitu, hanya tinggal empat wilayah di Pulau Papua yang belum mendapatkan akses internet kembali. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan pembukaan akses internet di dua wilayah itu dilakukan pukul 21.00 WIT.

Ia mencatat, dari 29 kabupaten/kota di wilayah Papua, sebanyak 27 kabupaten sudah dibuka kembali blokir akses internetnya. Ada dua kabupaten/kota yang masih diblokir internetnya, yakni Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. 

Sedangkan dari 13 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Papua Barat, ada 11 kabupaten yang sudah dibuka kembali blokir akses internetnya. Dua kota di Papua Barat yang belum bisa menikmati akses internet adalah Kota Manokwari dan Kota Sorong karena dianggap belum kondusif.

"Jadi masih harus terus dipantau situasinya dalam satu atau dua hari ke depan," ujar Ferdinandus melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Selasa (10/9).

(Baca: Abisai Rollo, Eks Timses Jokowi yang Pimpin Tokoh Papua ke Istana)

Ia menjelaskan, sebaran informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi terkait dengan isu Papua terus menunjukkan tren turun sejak 31 Agustus 2019. Puncak sebaran hoaks dan hasutan terkait isu Papua terjadi pada 30 Agustus 2019 dengan jumlah  72.500 URL (uniform resource locator).

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...