Selamat Jalan Bapak Teknologi Indonesia BJ Habibie

Agustiyanti
11 September 2019, 18:59
BJ Habibie
ANTARA/Rangga Pandu
Presiden RI Ketiga BJ Habibie wafat hari ini, Rabu (11/9), pada usia 83 tahun akibat gagal jantung dan penurunan fungsi organ tubuh. Ia meninggal saat dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie meninggal dunia hari ini pukul 18.05 WIB setelah mendapatkan perawatan khusus di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Ia meninggal pada usia ke-83 tahun akibat gagal ginjal dan penurunan organ tubuh karena usia.

Habibie lahir di Parpare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1963. Ia menjadi Presiden Ketiga Indonesia menggantikan Soerharto yang lengser saat krisis ekonomi yang berujung krisis politik pada 1998.

Pada masa kepemimpinannya selama satu tahun lima bulan, Indonesia berhasil melewati krisis ekonomi. Namun kala ia menjadi Presiden, Indonesia juga kehilangan Timor Timur yang melepaskan diri usai jajak pendapat pada 1999.

Habibie merupakan pendiri industri pesawat terbang di Tanah Air. Ia bahkan dijuluki Mr. Crack oleh dunia penerbangan internasional karena penemuannya yang amat penting terkait keretakan badan pesawat akibat faktor kelelahan rangka pesawat.

(Baca: BJ Habibie Meninggal Dunia dalam Usia 83 Tahun)

Bapak tekonologi penerbangan ini belajar tentang keilmuan teknik mesin di Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung (sekarang Institut Teknologi Bandung) pada 1954. Kemudian melanjutkan ilmunya ke studi teknik penerbangan dengan spesialisasi konstruksi pesawat terbang di RWTH Aachen, Jerman Barat pada 1955-1965.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...