Luhut Optimistis RI Masuk Jajaran 5 Ekonomi Terbesar Dunia pada 2045

Rizky Alika
12 September 2019, 11:50
Pertumbuhan ekonomi, ekspor, investasi, luhut binsar pandjaitan
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman memberikan paparan dalam acara diskusi dan peluncuran buku Indonesia Menuju 5 Besar Dunia yang digelar Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman bersama Katadata di The Ballroom Theater XXI, Jakarta Pusat (12/9).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan optimistis Indonesia akan masuk jajaran lima negara ekonomi terbesar dunia pada 2045. Hal ini didukung oleh sejumlah faktor, di antaranya peningkatan ekspor komoditas bernilai tambah.

"Sekarang pemerintah melihat (pentingnya) nilai tambah pada komoditas kita," kata dia saat membuka diskusi dan peluncuran buku Indonesia Menuju 5 Besar Ekonomi Dunia yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama Katadata, di Djakarta Theater XXI, Jakarta, Kamis (12/9).

Ia mengatakan, pemerintah tak bisa terus menerus bergantung kepada ekspor komoditas yang tidak bernilai tambah. Sebab, harganya bergejolak dipengaruhi berbagai faktor global. Harga komoditas turun di tengah perang dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

(Baca: Momentum Perang Dagang, Jokowi Minta Ekspor Mebel dan Rotan Naik)

Maka itu, ia pun mendorong hilirisasi komoditas tambang. Ia mendukung percepatan larangan ekspor bijih nikel. Selama ini, sebanyak 98% nikel Indonesia diekspor ke Tiongkok.

Dengan percepatan larangan ekspor bijih nikel, ia berharap komoditas tersebut dapat diolah di dalam negeri, di antaranya menjadi baterai lithium untuk kendaraan listrik. "Apalagi kita punya cadangan nikel terbesar di dunia," ujarnya.

Selain hilirisasi komoditas, Luhut mengatakan pemerintah akan mendorong kebijakan yang dapat menarik investasi guna memacu ekonomi. Investasi yang dibutuhkan ialah yang ramah lingkungan serta dapat mendidik tenaga lokal, tanpa memandang asal negara investor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...