Wiranto Klaim Asap Tidak Parah, Aktivis Tuding Kondisinya Sudah Diatur

Image title
19 September 2019, 15:46
Kebakaran Hutan Riau, Asap Riau, Karhutla Riau
ANTARA FOTO/FB Anggoro
Seorang penjual koran mengenakan masker medis saat berjualan di tengah asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang makin pekat menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera hasil pengukuran Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) menunjukan sebagian besar daerah di Riau dalam kualitas udara dalam kategori berbahaya karena tercemar asap Karhutla.

Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto bahwa asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau tidak separah yang dikabarkan, menuai respons negatif dari para aktivis lingkungan. Sebab, kondisi saat Jokowi dan rombongan, termasuk Wiranto, datang, sudah diset.

Aktivis Lingkaran Hijau Sumatera Selatan Tri Hadi Sujatmiko mengatakan sebelum Presiden Joko Widodo dan rombongan datang ke lokasi, terjadi mobilisasi besar-besaran untuk pemadaman api dan hujan buatan. Maka itu, rombongan Presiden tidak menemukan kondisi separah yang dikabarkan.

Advertisement

(Baca: Darurat Kabut Asap Kebakaran Hutan Setiap Tahun)

Tri yang juga mantan Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumsel mengatakan, kejadian seperti ini juga terjadi saat Jokowi berkunjung ke Sumsel pada 2015 lalu. "Sudah ada setting yang dilakukan untuk mengamankan Presiden dan rombongannya datang. Sehingga, ketika Wiranto bilang asapnya tidak heboh, Anda datangnya kapan?," kata dia di Jakarta, Kamis (19/9).

Menurut dia, pemerintah seharusnya bisa mengecek keadaan terkini di wilayah-wilayah yang mengalami problem asap. Sebab, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebetulnya sudah punya alat pemantau kualitas udara. Data ini juga bisa menjadi basis dalam menilai kondisi di lapangan.

(Baca: Upaya Memadamkan Kebakaran Hutan, Racun Api hingga Hujan Buatan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement