IHSG Hari Ini Diprediksi Naik, Saham Tambang Masuk Rekomendasi

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Martha Ruth Thertina

23/9/2019, 06.41 WIB

IHSG hari ini berpotensi menguat, setelah terkoreksi pada penutupan perdagangan pekan lalu. Beberapa sentimen global diprediksi menjadi penyokong.

IHSG Hari Ini, rekomendasi saham hari ini
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat (13/9/2019), diperkirakan masih akan tertekan, setelah kemarin IHSG ditutup dengan pelemahan 0,62%. IHSG melemah 0,62% ke level 6.342,17 setelah 6 hari secara beruntun mencetak reli dengan indeks Nikkei menguat 0,75%, indeks Shanghai naik 0,75%, indeks Hang Seng jatuh 0,26%, dan indeks Straits Times melemah 0,38%

Beberapa analis teknikal memprediksikan kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini, Senin, 23 September 2019. Adapun pada perdagangan pekan kemarin, IHSG ditutup terkoreksi 0,21% menjadi 6.231,47.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan melihat ada indikasi IHSG hari ini bergerak naik dalam jangka pendek. Level resistance pertama dan kedua diprediksi berkisar 6.278 hingga 6.254. Sedangkan level support pertama dan kedua berkisar 6.210 hingga 6.190.

Secara fundamental, ia melihat penguatan IHSG hari ini didorong oleh sentimen global. "Beberapa sentimen global dinilai cukup positif untuk mendorong penguatan IHSG hari ini," kata Dennies dalam risetnya.

(Baca: Katadata Market Index: IHSG September Diprediksi Masih Bearish)

Rekomendasi saham dari Dennies di antaranya H.M. Sampoerna (HMSP), Aneka Tambang (ANTM), dan Vale Indonesia (INCO).

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi memberikan prediksi senada. Menurut dia, IHSG akan mencoba menguat terbatas di awal pekan. "Dengan level support dan resistance di level 6.210-6.320," kata dia.

Rekomendasi saham dari Lanjar antara lain Indah Kiat Pulp and Paper (INKP), Japfa Comfeed Indonesia (JPFA), Semen Indonesia (SMGR), Chandra Asri Petrochemical (TPIA), Gudang Garam (GGRM), H.M. Sampoerna (HMSP), Bank Permata (BNLI), Telkom (TLKM), Astra International (ASII), Bukit Asam (PTBA), Antam (ANTM), dan Vale Indonesia (INCO).

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama juga mengindikasikan rebound pada IHSG hari ini, setelah akhir pekan lalu terkoreksi. "Sehingga berpeluang menuju ke level resistance terdekat," kata Nafan.

Ia memprediksi level resistance pertama dan kedua berada pada rentang 6.294 hingga 6.334. Sedangkan level support pertama dan kedua berada pada rentang 6.193 hingga 6.149.

Rekomendasi saham dari Nafan antara lain Adhi Karya (ADHI), Astra International (ASII), Bank Negara Indonesia (BBNI), Malindo Feedmill (MAIN), Bukit Asam (PTBA), dan Wijaya Karya Bangunan Gedung (WEGE).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan