Harga Emas Dunia Stabil Setelah Anjlok Imbas Ketidakpastian Politik AS

Martha Ruth Thertina
27 September 2019, 10:55
harga emas hari ini, harga emas antam hari ini
KATADATA/Agung Samosir
harga emas

Harga emas dunia relatif stabil, setelah anjlok lantaran sejumlah investor lebih memilih dolar Amerika Serikat (AS) sebagai penempatan aman, di tengah ketidakpastian politik AS. Harga emas Antam juga stabil.

Berdasarkan data Bloomberg, saat berita ini ditulis, harga emas di pasar spot tercatat US$ 1.505 per ounce, naik tipis 0,06% dibandingkan perdagangan sebelumnya. Sedangkan harga emas di bursa Comex turun 0,21% ke posisi US$ 1.512 per ounce. Sebelumnya, harga emas sempat anjlok hingga 2%.

Kenaikan harga emas tertahan seiring investor yang lebih memilih penempatan dalam dolar AS. Saat berita ini ditulis, indeks dolar AS atau DXY Index tercatat kembali mendekati 100. Ini menunjukkan penguatan dolar AS terhadap mata uang utama dunia.

(Baca: Transkrip Pembicaraan Dirilis, Trump dan Presiden Ukraina Disorot)

Meski sempat anjlok, sejumlah manager investasi memprediksi harga emas akan kembali bergerak naik. Managing Director RBC Wealth Management George Gero mengatakan ada banyak kekhawatiran yang mendukung harga emas, di antaranya berlanjutnya masalah Timur Tengah, pembicaraan AS dengan Tiongkok terkait tarif bea masuk, dan lainnya.

Di sisi lain, Head Trader di US Global Investors Michael Matousek mengatakan, dalam kondisi banyaknya kewajiban utang yang ditanggung berbagai negara, dan suku bunga riil yang negatif, memang diperlukan penempatan dalam emas untuk lindung nilai (hedging) inflasi.

Di tengah stabilnya harga emas dunia, harga Emas Antam tetap. Mengacu pada logammulia.com, harga emas Antam di Butik Emas Logam Mulia Pulo Gadung tercatat Rp 762 ribu per gram, sama dengan kemarin. Begitu juga harga emas penjualan kembali tetap Rp 685 ribu per gram.

Harga Emas Antam, Kamis, 27 September 2019:

Emas batangan 0,5 gr: Rp 405.500

Emas batangan 1 gr: Rp 762.000

Emas batangan 2 gr: Rp  1.473.000

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...