Bertemu Bamsoet, PKB Dorong Pemilihan Ketua MPR Lewat Musyawarah

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Martha Ruth Thertina

3/10/2019, 00.15 WIB

“Harapan kami adalah kita enggak ada voting-voting lagi dan sudah musyawarah mufakat,” ujar Sekretaris Fraksi PKB Neng Eem Marhamah Zulfa.

PKB dukung jalan musyawaran untuk pemilihan ketua MPR baru
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Suasana jalannya Sidang Paripurna MPR ke-2 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019). Sidang Paripurna MPR tersebut beragendakan pengesahan jadwal acara sidang dan pembentukan fraksi-fraksi dan kelompok Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) menggelar pertemuan dengan sejumlah perwakilan fraksi pada Rabu, 2 Oktober 2019. Beberapa politisi membenarkan bahwa pertemuan tersebut dalam rangka lobi untuk memuluskan langkah Bamsoet menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Dihubungi setelah pertemuan tersebut, Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Neng Eem Marhamah Zulfa menyampaikan harapan fraksinya agar pemilihan ketua MPR dilakukan secara musyawarah. Terlebih, dinamika politik tengah menghangat saat ini.

“Harapan kami adalah kita enggak ada voting-voting lagi dan sudah musyawarah mufakat,” ujar Neng kepada katadata.co.id, Rabu (2/10). “Saya kira kalau Pak Bamsoet ingin jadi ketua, bisa menyesuaikan musyawarah mufakat itu,” ujarnya, menambahkan.

(Baca: Muluskan Jalan Ketua MPR, Bamsoet Lobi Parpol di Hotel Dekat DPR)

Adapun PKB belum memutuskan nama politisinya yang akan diajukan untuk mengisi jajaran pimpinan MPR. Menurut Neng, partainya tidak perlu buru-buru memutuskan lantaran sudah pasti mendapat jatah kursi pimpinan. “Jadi kami besok hanya langsung kirim nama,” ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Nasdem Johnny G. Plate dan Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani yang dihubungi katadata.co.id, blakblakan menyatakan partainya mendukung Bamsoet menjadi ketua MPR.

Johnny mengatakan, Bamsoet memiliki kompetensi yang memadai, dan integritas yang sudah teruji. Bamsoet juga berpengalaman lantaran pernah memimpin DPR. “Secara realistis calon yang diusung oleh Golkar, Bambang Soesatyo berpotensi kuat untuk menjadi Ketua MPR,” kata dia.

(Baca: Surya Paloh: Jokowi Sepakat dengan Partai Pengusung Tolak Perppu KPK)

Senada, Arsul juga menyebut pengalaman Bamsoet sebagai Ketua DPR menjadi salah satu pertimbangan partainya dalam melabuhkan dukungan. Pertimbangan lainnya, Bamsoet dianggap sebagai sosok yang mengayomi semua pihak dan mampu menyerap aspirasi masyarakat.

“Kalau PPP secara terbuka, saya sampaikan kami mendukung Bamsoet untuk menjadi ketua MPR,” ujarnya.

Di sisi lain, sikap PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat masih belum diketahui. Sedangkan Gerindra masih konsisten mengusung Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan