Demokrat dan PKB Ajukan Nama, Ini Sepuluh Pimpinan Lengkap MPR

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Ratna Iskana

3/10/2019, 14.26 WIB

Satu dari 10 pimpinan akan dipilih menjadi ketua MPR periode 2019-2024. Rencananya pemilihan Ketua MPR akan digelar secara musyarawarah mufakat.

MPR
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Suasana jalannya Sidang Paripurna MPR ke-2 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019). Sidang Paripurna MPR tersebut beragendakan pengesahan jadwal acara sidang dan pembentukan fraksi-fraksi dan kelompok Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Partai Demokrat akhirnya mengajukan nama Syarief Hasan untuk menjadi pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Ketua Fraksi Demokrat di MPR Benny Kabur Harman mengatakan pengajuan Syarif sebagai pimpinan MPR lantaran memiliki rekam jejak yang baik.

Menurut Benny, Syarief merupakan salah satu pendiri Partai Demokrat. Syarief juga telah duduk di Senayan sejak 2004 hingga saat ini.

“Beliau sudah empat periode di DPR,” kata Benny di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10).

Lebih lanjut, Benny menyebut Syarief memiliki pengalaman menjabat di lembaga eksekutif. Syarief diketahui pernah didapuk sebagai Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2009-2014. 

Dengan berbagai pengalaman tersebut, Benny berpendapat Syarief mampu memperjuangkan aspirasi dan kepentingan masyarakat. “Utamanya memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi dan kepentingan Partai Demokrat di MPR,” ucap Benny.

(Baca: Ambisi Jadi Ketua MPR, Fadel Muhammad Sudah Lobi Empat Partai)

Selain Demokrat, PKB juga telah mengajukan nama kadernya untuk duduk di kursi pimpinan MPR. Sekretaris Fraksi PKB di MPR Neng Eem Marhamah Zulfa mengatakan partainya mengusung Jazilul Fawaid.

Menurut Neng, Jazilul dipilih karena telah berpengalaman di MPR. “Pengalaman selama ini kan beliau menjadi Ketua Fraksi PKB di MPR yang periode kemarin juga ya. Ikut juga mengawal beberapa hasil keputusan dan rekomendasi MPR yang sekarang ini,” kata Neng.

Dengan diajukannya nama Syarief dan Jazilul, maka lengkap sudah nama pimpinan MPR dari seluruh fraksi partai dan DPD.

Berikut rincian pimpinan MPR:

1. Ahmad Basarah dari PDIP
2. Bambang Soesatyo dari Golkar
3. Jazilul Fawaid dari PKB
4. Arsul Sani dari PPP
5. Syarief Hasan dari Demokrat
6. Lestari Moerdijat dari Nasdem
7. Ahmad Muzani dari Gerindra
8. Zulkifli Hasan dari PAN
9. Hidayat Nur Wahid dari PKS
10. Fadel Muhammad dari DPD.

Ketua sementara MPR Abdul Wahab Dalimunthe mengatakan, satu dari sepuluh nama tersebut akan dipilih menjadi Ketua MPR. Rencananya, rapat musyawarah mufakat untuk menentukan Ketua MPR tersebut akan diselenggarakan pada pukul 14.00 WIB.

“Nanti musyawarah mufakat sehingga hasilnya nanti malam pukul 19.00 WIB untuk pelantikan. Kalau tidak ya pemilihan (voting),” ujar Abdul.

(Baca: PDIP Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR dengan Syarat Setuju Amendemen UUD)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan