Kemendag Kejar Revisi 18 Aturan Sebelum Ada Kabinet Baru

Rizky Alika
3 Oktober 2019, 06:57
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berencana merevisi 18 aturan yang dianggap menghambat investasi.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan merevisi 18 peraturan yang menghambat investasi. Revisi tersebut ditargetkan selesai sebelum memasuki masa kabinet kerja baru, atau sebelum 20 Oktober 2019.

Salah satu aturan yang akan difinalisasi dalam waktu dekat ialah Permendag terkait Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB). Kemendag juga melihat peluang untuk mencabut aturan yang dinilai tidak sesuai.

"Ada 18 Peraturan Menteri Perdagangan. 11 menyangkut impor, tujuh menyangkut ekspor yang kami akan lihat lagi untuk mendorong investasi dan ekspor," kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana di Malang, Rabu (2/10) malam.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menambahkan, Permendag Nomor 17 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Permendag Nomor 127/M-Dag/Per/12/2015 tentang Ketentuan Impor Barang Modal dalam Keadaan Tidak Baru juga bakal direvisi. Dalam revisinya, impor barang modal tidak baru tidak perlu persetujuan impor.

(Baca: Darmin Sebut Menteri dan Daerah Kerap Buat Aturan Tak Sesuai Presiden)

Proses impor barang modal tidak baru selama ini membutuhkan waktu dua hingga tiga bulan karena memerlukan persetujuan impor dari Kementerian Perdagangan. Diharapkan revisi aturan tersebut dapat mendongkrak investasi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...