PKS Harap Pemilihan Ketua MPR Lewat Musyawarah

Dimas Jarot Bayu
3 Oktober 2019, 12:12
MPR
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Suasana jalannya Sidang Paripurna MPR ke-2 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019). Sidang Paripurna MPR tersebut beragendakan pengesahan jadwal acara sidang dan pembentukan fraksi-fraksi dan kelompok Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum menentukan dukungan terhadap calon Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR). Namun PKS menginginkan agar pemilihan Ketua MPR dapat berlangsung secara musyawarah mufakat.

“Jangan sampai ada voting ya kalau menurut saya,” kata Ketua Fraksi PKS di MPR Tifatul Sembiring di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10).

Advertisement

Apalagi menurut Tifatul, calon Ketua MPR telah mengerucut ke dua orang, yakni Bambang Soesatyo dan Ahmad Muzani. Bambang merupakan calon Ketua MPR dari Fraksi Golkar. Sementara, Muzani merupakan calon Ketua MPR dari Fraksi Gerindra.

Dengan dua calon Ketua MPR, Tifatul menilai mekanisme voting bakal percuma. Terlebih, dukungan bagi kedua calon Ketua MPR sudah terpetakan jelas.

(Baca: Mengukur Kinerja DPR Lama dan Harapan untuk DPR Baru)

Bambang didukung oleh Golkar, PDIP, PPP, Nasdem, dan PKB. Sedangkan Muzani didukung oleh Gerindra. Adapun, PKS, PAN, dan Demokrat belum menyatakan dukungannya.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement