Jokowi Ajak Belanda Investasi di Bidang Maritim dan Pengelolaan Air

Dimas Jarot Bayu
7 Oktober 2019, 15:11
jokowi, perdana menteri belanda, mark rutte, investasi, maritim
Dimas Jarot Bayu / Katadata
Presiden Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri Belanda di Istana Bogor. Pada pertemuan hari ini, keduanya akan melakukan sejumlah agenda dan pembicaraan, salah satunya terkait kerja sama ekonomi strategis di bidang infrastruktur maritim dan pengelolaan air.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Belanda untuk meningkatkan kerja sama investasi dengan Indonesia. Hal tersebut salah satunya dilakukan di bidang infrastruktur maritim dan pengelolaan air.

Menurut Jokowi, penguatan kerja sama Indonesia-Belanda ini penting, terutama di tengah kondisi perekonomian dunia yang mengalami tren pelemahan saat ini. Jokowi mengatakan, Belanda merupakan salah satu mitra penting Indonesia, baik di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Advertisement

“Kita perlu upaya meningkatkan kerja sama ekonomi dengan banyak mitra, termasuk dengan Belanda,” kata Jokowi saat bertemu dengan Perdana Menteri Belanda Y. M. Mark Rutte di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10).

Jokowi pun mengajak Belanda untuk meningkatkan kerja sama di bidang vokasi, terutama di bidang kemaritiman dan keperawatan. Ini mengingat pemerintah dalam lima tahun ke depan akan memprioritaskan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

(Baca: Asosiasi Emiten Sebut Investor Asing Enggan Masuk karena Banyak Aturan)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement