Lion Air Bakal IPO, Seberapa Menarik Sahamnya?

Penulis: Fariha Sulmaihati

Editor: Agustiyanti

9/10/2019, 20.31 WIB

Maskapai Lion Air berencana menggelar IPO dengan menggunakan laporan keuangan tahun buku 30 Juni 2019.

lion air
ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG
Maskapai Lion Air berencana menggelar IPO dengan menggunakan laporan keuangan tahun buku 30 Juni 2019.

PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) tengah mempersiapkan penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO). IPO Lion Air digadang-gadang akan jadi pencatatan saham terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam beberapa tahun terakhir.

Direktur Riset & Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengungkapkan saham aviasi tetap menarik  di tengah kebutuhan transportasi udara yang cukup tinggi seiring kondisi geografis Indonesia yang berupa kepulauan. Saham Lion Air, menurut dia, dapat bersaing dengan Air Asia Indonesia (CMPP) maupun Garuda Indonesia (GIAA) meski banyak diterpa isu kurang baik. 

"Sahamnya ngga bagus banget, tapi tetap menarik meski memang saat ini saham aviasi tidak terlalu dilirik," kata Nico kepada Katadata.co.id, Rabu (9/10).

(Baca: Berpotensi IPO Saham Terbesar, Lion Air Gelar Mini Expose Pekan Depan)

Lion Air, menurut dia, saat ini tetap menjadi  maskapai penerbangan berbiaya murah (Low Cost Carrier/ LCC) pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain itu, perusahaan juga telah mengembakan bisnis kargo.

Saham Lion Air, menurut dia, akan semakin baik apabila dana IPO digunakan untuk ekspansi, seperti penambahan jumlah pesawat, ataupun pengembangan bisnis lainnya.

Adapun Lion Air berencana melakukan IPO dengan menggunakan laporan keuangan tahun buku 30 Juni 2019. Dengan demikian, maskapai ini diperkirakan bisa mencatatkan diri sebagai emiten di bursa tahun ini. Jika resmi melantai di bursa, Lion Air bakal tergabung di sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi.

(Baca: Rujuk Lagi, Menimbang Untung-Rugi Kerja Sama Garuda-Sriwijaya)

Namun, Corporate Communications Strategic Lion Group Danang M. Prihantoro hingga kini belum mau memberikan penjelasan terkait berapa besar potensi dana IPO yang ditargetkan.

Lion Air merupakan maskapai penerbangan swasta nasional yang didirikan sejak November 1999. Maskapai ini pertama kali beroperasi pada 30 Juni 2000, dengan melayani rute penerbangan dari Jakarta menuju Pontianak dengan tipe Boeing 737-200. Pada saat itu Lion Air hanya memiliki dua unit pesawat.

Hingga saat ini Lion Air telah terbang ke 183 rute penerbangan yang terbagi dalam rute domestik maupun Internasional. Saat ini maskapai memiliki 112 pesawat yang terbagi dalam beberapa tipe seperti Boeing 747-400, Boeing 737-800, Boeing 737-900 ER, dan Airbus A330-300.

Reporter: Fariha Sulmaihati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan