Inalum Sepakat Beli 20% Saham Divestasi Vale, Sumber Dana Belum Jelas

Agustiyanti
Oleh Agustiyanti - Verda Nano Setiawan
14 Oktober 2019, 10:15
inalum, vale, tambang nikel
ANTARA FOTO/REUTERS/Yusuf Ahmad
Tambang nikel milik Vale Indonesia. Inalum akan mengambil alih 20% saham divestai Vale.

Holding BUMN Pertambangan, PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) atau Minning Industry Indonesia (MIND ID) meneken perjanjian pendahuluan untuk mengambil alih 20% saham divestasi PT Vale Indonesia Tbk (INCO) bersaama para pemegang sahamnya, Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co.Ltd (SMM).

Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin menjelaskan penandatanganan perjanjian yang dilaksanakan pada 11 Oktober ini adalah langkah awal kerja sama strategis antara Inalum dan Vale Indonesia. Pendahuluan ini akan dilanjutkan dengan beberapa perjanjian devinitif utama.

Advertisement

"Patisipasi Inalum di perusahaan tambang kelas dunia, seperti Vale Indonesia (Brazil) dan Freeport Indonesia (Amerika) merupakan bukti keberhasilan Indonesia dalam menjaga dan menarik investasi perusahaan global ke industri pertambangan nasional," ujar Budi dalam keterangan resmi yang diperoleh Katadata.co.id pada Senin (14/10).

Ia menyebut melalui kepemilikan 20% saham Vale Indonesia dan 65% saham Antam, Inalum memiliki akses terhadap salah satu cadangan dan sumber daya nikel terbesar dan terbaik di dunia.

"Ke depan, akses ini akan strategis mengamankan pasokan bahan baku industri hilir berbasis nikel, baik stainless steel hingga baterai kendaraan listrik," kata dia.

(Baca: Pemerintah Tunjuk Inalum Ambil Alih Saham Divestasi Vale)

Akses tersebut, lanjut Budi, juga akan mempercepat hilirisasi industri nikel domestik yang akan menghasilkan produk hilir dengan nilai ekonomis hingga 4-5 kali lipat dari hulu.

Budi sebelumnya menyebut hitungan awal Inalum, nilai valuasi Vale tidak mencapai US$ 1,5 miliar atau Rp 21,17 triliun (dengan kurs Rp 14.119 per dolar AS). Dengan proyeksi tersebut, Budi mengaku pihaknya sanggup mengambil alih 20% saham divestasi Vale Indonesia.

Hingga akhir 2018, perusahaan memiliki kas sebesar Rp 20 triliun dan ekuitas sebesar Rp 100 triliun. Apabila dana tersebut kurang, Inalum akan kembali menerbitkan obligasi. "Tergantung kalau uangnya cukup ya langsung, kalau tidak cukup ya pinjam," kata dia beberapa waktu lalu. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement