Jokowi Resmikan Pengoperasian Palapa Ring, Internet Sumatera - Papua

Dimas Jarot Bayu
14 Oktober 2019, 11:30
Jokowi, Palapa Ring
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). Palapa Ring tersebut akan menghubungkan 514 kabupaten dan kota melalui koneksi internet.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian proyek Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10). Palapa Ring merupakan proyek jaringan serat optik nasional yang digadang-gadang dapat menghubungkan internet di seluruh Indonesia.

Jaringan yang dibangun membentuk cincin yang mengitari tujuh pulau, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Adapun, Palapa Ring terdiri dari tiga paket, yakni Barat, Tengah, dan Timur.

Advertisement

“Saya resmikan pengoperasian Palapa Ring yang menghubungkan seluruh ibu kota di 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia," kata Jokowi di Istana Negara, Senin (14/10).

Jokowi mengatakan, paket Palapa Ring Barat sebenarnya sudah selesai pada 2018 lalu. Paket Palapa Ring Tengah selesai awal tahun ini.

(Baca: Huawei Proyeksi Adopsi Jaringan 5G di Indonesia Paling Lambat 2022)

Sementara, paket Palapa Ring Timur baru bisa diselesaikan pada Agustus 2019 lalu. Hal tersebut lantaran medan di Indonesia timur yang cukup berat.

“Sehingga kalau mundur-mundur sedikit, semuanya maklum. Tapi yang jelas sekarang kami sudah selesaikan,” kata Jokowi.

Kepala Negara berharap beroperasinya Palapa Ring dapat memperkuat persatuan Indonesia. Proyek ini juga diharapkan dapat memperbaiki pendidikan sampai ke wilayah-wilayah pelosok Indonesia.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement