Gerindra dan Demokrat Berpeluang Besar Dapat Jatah Menteri

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Ameidyo Daud

15/10/2019, 18.39 WIB

Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin Ngabalin juga menyebut Menteri Keuangan Sri Mulyani akan dipertahankan Jokowi.

Edhy Prabowo, AHY, Gerindra, Demokrat.
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Agus Harimurti Yudhoyono (22/5). Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menilai Demokrat dan Gerindra berpeluang masuk ke koalisi pemerintah. Bahkan dua kadernya yakni Edhy Prabowo dan Agus berpeluang jadi Menteri.

Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menilai Demokrat dan Gerindra berpeluang masuk ke koalisi pemerintah. Kandidat dari dua partai tersebut yang menjadi calon menteri di antaranya Edhy Prabowo dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

AHY saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Demokrat, sedangkan Edhy Prabowo adalah Wakil Ketua Umum Gerindra. Ngabalin menilai peluang mereka membesar setelah Prabowo Subianto dan Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan Joko Widodo (Jokowi) pekan lalu.

“Mudah-mudahan bisa sama-sama di koalisi pemerintah untuk bisa membantu bapak Presiden dalam pemerintahan lima tahun mendatang,” kata Ngabalin ketika dihubungi Katadata.co.id, Selasa (15/10).

(Baca: Edhy Prabowo dan Sandiaga Uno Disebut Jadi Calon Menteri dari Gerindra)

Selain Menteri dari partai politik, Ngabalin juga memprediksi beberapa nama anggota Kabinet Kerja yang kemungkinan besar dipakai lagi oleh Jokowi. Dia mengatakan nama Menteri Keuangan Sri Mulyani akan dipertahankan, begitu pula Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain itu dua nama lainnya adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. “Itu Menteri yang berprestasi, mudah-mudahan tidak ada halangan bagi mereka,” ujar dia.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, pihaknya siap menempatkan kader terbaik dalam kabinet pemerintah jika dikehendaki Jokowi. Salah satu nama kader yang dinilai menonjol dan bakal disiapkan adalah AHY.

Sedangkan menurut salah satu sumber Katadata.co.id, dari beberapa calon, Edhy Prabowo merupakan sosok yang paling kuat untuk dicalonkan menteri dari Gerindra.

(Baca: Setelah Bertemu SBY, Jokowi Buka Peluang Rombak Susunan Kabinet Baru)

"Kami sudah tawarkan ke Pak Jokowi, tapi itu hak prerogratif untuk menentukannya," kata salah seorang pengurus Gerindra, dihubungi Katadata.co.id, Selasa (15/10). 

Juru bicara Prabowo Dahnil Anzar Simanjuntak menyatakan, Gerindra tidak dalam posisi meminta jabatan menteri. Dia menyatakan sampai saat ini partainya belum membahas para kandidat. "Yang jelas Pak Prabowo sejak awal menyebutkan siap berada di luar maupun dalam," kata dia.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan