Di Tengah Isu Calon Menteri, Sandiaga Uno Kembali ke Gerindra

Penulis: Ameidyo Daud

15/10/2019, 16.18 WIB

Selain Sandiaga, nama lain yang beredar menjadi calon menteri dari Gerindra yakni Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo dan Fadli Zon.

Sandiaga Uno, gerindra, Menteri.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sandiaga Uno hari Selasa (15/10) mengumumkan kembalinya dia ke Partai Gerindra. Sandiaga kembali di tengah isu bergabungnya Gerindra ke pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Tak hanya itu, dirinya juga disebut-sebut akan masuk kabinet sebagai menteri.

Sandiaga Uno mengumumkan kembali dirinya ke Partai Gerindra. Pengumuman itu disampaikan lewat video berdurasi 28 detik yang diunggah di Instagramnya.

Sandiaga kembali di tengah isu bergabungnya Gerindra ke pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Tak hanya itu, dirinya juga disebut-sebut akan masuk kabinet sebagai menteri.

Dalam video tersebut, Sandiaga berjalan sembari melepas batik berwarna biru. Di balik batik tersebut, ia mengenakan kaos hitam dengan tulisan Gerindra berwarna kuning.

 “Saya kembali,” demikian tulis Sandi dalam akun Instagramnya, Selasa (15/10).

(Baca: Edhy Prabowo dan Sandiaga Uno Disebut Jadi Calon Menteri dari Gerindra)

Sandiaga pada Agustus 2018 lalu keluar dari Gerindra lantaran maju bersama Ketua Prabowo Subianto ke Pemilihan Presiden 2019. Jabatan terakhirnya adalah Wakil Ketua Dewan Pembina.

Ketua DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto akan mengumumkan kembalinya Sandiaga menjadi kader partai tersebut pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerindra, Rabu (16/10) di Hambalang, Bogor.

"Biasanya nanti Prabowo akan menyampaikan pidato dan diumumkan," kata Wakil Sekjen Partai Gerindra Andre Rosiade dikutip dari Antara.

Andre menyebutkan beberapa pimpinan Gerindra pada Senin (14/10) malam berkumpul di kediaman Sandiaga, dan saat itu mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan akan datang dalam Rakernas Gerindra.

Sandiaga disebut sebagai calon menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf, selain Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo dan Fadli Zon. Dari tiga nama, Edhy merupakan sosok yang paling kuat untuk dicalonkan menteri.

"Kami sudah tawarkan ke Pak Jokowi, tapi itu hak prerogratif untuk menentukannya," kata salah seorang pengurus Gerindra.

Juru bicara Prabowo Dahnil Anzar Simanjuntak menyatakan, Gerindra tidak dalam posisi meminta jabatan menteri. Dia menyatakan sampai saat ini partainya belum membahas para kandidat.

(Baca: Tokoh Senior Golkar Dukung Gerindra Gabung Koalisi Jokowi)

 "Yang jelas Pak Prabowo sejak awal menyebutkan siap berada di luar maupun dalam," kata dia.

Dahnil menyatakan dari beragam nama yang beredar, Fadli Zon telah menyatakan menolak jabatan tersebut.  "Pak Fadli Zon secara resmi menyatakan dia tidak bersedia. Bang Edhy saya belum ngobrol," kata Dahnil.

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan