Ini Penyebab Autoimun, Penyakit yang Diderita Ashanty dan Gigi Hadid

Penulis: Sorta Tobing

18/10/2019, 16.02 WIB

Lady Gaga, Gigi Hadid, dan Kim Kardashian merupakan selebriti yang mengidap autoimun. Penyakit yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya.

autoimun penyebab, penyakit autoimun, ashanty kena penyakit autoimun, penyakit autoimun apa berbahaya
Instagram/@ashanty_ash
Penyanyi Ashanty (ketiga dari kiri) saat melakukan cek kesehatan beberapa waktu lalu. Dalam pemeriksaan tersebut, Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Dokter Terawan Agus Putranto (kedua dari kiri) mendiagnosis istri Anang Hermansyah (kedua dari kanan) itu mengidap penyakit autoimun.

Penyanyi Ashanty pada 8 Oktober lalu memberitahukan kabar tentang penyakit yang ia derita. Melalui akun Instagram @ashanty_ash, ia mengaku mengidap sakit autoimun.

Penyakit tersebut ia temukan ketika melakukan cek kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto beberapa waktu lalu. “Diagnosa awal kaget banget. Aku kena autoimun, sesuatu yang enggak pernah dibayangkan, dengernya saja serem,” tulis istri Anang Hermansyah itu.

Ashanty selama ini memang sering mengeluhkan sakit kepala, sulit tidur, pelupa, mudah cemas dan stres. Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Dokter Terawan Agus Putranto akhinya mendiagnosis perempuan kelahiran Jakarta, 4 November 1984 itu.

Penyakit yang ia idap itu bisa sembuh dengan terapi. Ashanty masih harus melalukan berbagai tes untuk menentukan terapi yang tepat untuknya.

Autoimun merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Mengutip dari Alodokter.com, seharusnya sistem itu dapat menjaga badan dari serangan organisme asing, seperti bakteri dan virus.

Namun, penderita autoimun tidak dapat melakukan hal tersebut. Justru sistem kekebalan tubuhnya melihat sel tubuh yang sehat sebagai organisme asing. Hal ini membuat antibodinya menyerang sel-sel sehat itu.

(Baca: Infografik: Biaya Perawatan Penyakit Kritis di Asia Tenggara)

Sampai sekarang belum jelas apa penyebab orang menderita sakit autoimun. Tapi beberapa ahli meyakini ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risikonya. Faktor-faktor itu adalah etnis, gender, lingkungan, dan riwayat keluarga.

Turunan dari autoimun mencakup lebih dari 80 penyakit, termasuk di dalamnya diabetes tipe 1 (kadar gula darah penderitanya melebihi batas normal karena tidak mampu memproduksi hormon insulin), lupus (penyakit inflamasi kronis karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri), dan psoriasis (kulit bersisik).

Penyakit autoimun lainnya, yaitu multiple sclerosis (sistem saraf pusat terganggu sehingga menimbulkan gangguan penglihatan dan koordinasi tubuh), tiroiditis Hashimoto (penyakit yang disebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar tiroid), rheumatoid arthritis (nyeri, radang, dan pembengkakan sendi), dan sindrom Guillain-Barre (kelelahan sampai kelumpuhan).

Selain belum jelas penyebabnya, penyakit ini juga belum ada obatnya. Dokter biasanya memberikan obat untuk menekan gejalanya agar tidak timbul flare alias kondisi akut yang terjadi pada pasien autoimun.

Untuk mengatasi rasa nyeri, pasien biasanya mengonsumsi aspirin atau ibuprofen. Pasien yang bermasalah dengan hormon akan diberikan terapi. Misalnya, penderita diabetes tipe 1 akan memerlukan suntikan insulin untuk mengatur kadar gula darah.

(Baca: BPOM Hentikan Sementara Distribusi 67 Merk Obat Mengandung Ranitidin)

Selebriti dengan Penyakit Autoimun

Ashanty bukan satu-satunya public figure yang sistem kekebalan tubuhnya terganggu. Komedian dan pembawa acara Ferrasta Soebadri alias Pepeng sebelum meninggal pada 6 Mei 2015 menderita penyakit multiple sclerosis.

Finalis Putri Indonesia 2009 Wory Sandioriva juga mengidap penyakit autoimun, yaitu lupus. Penyakit yang sama juga diderita oleh Selena Gomez. Penyanyi dan artis asal Amerika Serikat itu sampai melakukan transplantasi ginjal pada 2017 untuk menyembuhkan penyakitnya.

Penyanyi Lady Gaga pada saat melakukan wawancara dengan Larry King pada 2010 mengaku memiliki banyak anggota keluarga yang menderita lupus. Ia tidak mengidap penyakit itu. Namun, ia pernah terkena penyakit sinovitis, suatu kondisi peradangan pada lapisan sendi, yang sering dikaitkan dengan lupus.

(Baca: Dari Akar Bajakah Sampai Sirsak, Berbagai Tanaman Penyembuh Kanker)

Supermodel Gigi Hadid selalu terlihat sempurna penampilannya pada panggung catwalk. Namun, di balik itu ternyata ia berjuang mengatasi penyakit Hashimoto. Gara-gara ini berat badannya terus turun. Perempuan berusia 24 tahun ini juga kerap mengalami kelelahan ekstrem dan masalah metabolisme tubuh.

Selebriti Kim Kardashian mengaku mengidap psoriasis. Kondisi ini menyebabkan kulitnya kering, muncul ruam merah, bersisik, dan mudah terkelupas. “Aku selalu berharap ada obatnya, tapi untuk saat ini aku belajar untuk menerimanya sebagai bagian dari hidupku,” tulis Kim beberapa waktu lalu melalui situs resminya.

Kemudian penyanyi Nick Jonas menderita diabetes tipe 1 sejak usia 13 tahun. Suami Priyanka Chopra ini bergantung pada suntikan insulin untuk tetap mempertahankan kadar glukosa atau gula darahnya di level normal.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan