Sebelum Pelantikan, Jokowi Terima Kunjungan Kehormatan 5 Tamu Negara

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Desy Setyowati

20/10/2019, 09.28 WIB

Pemerintah pun menyewa 18 mobil Mercedes Benz untuk tamu negara yang akan hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Presiden Jokowi menerima lima tamu negara sebelum pelantikan
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) menyambut kunjungan kehormatan Perdana Menteri Republik Singapura Lee Hsien Loong beserta istrinya Ho Ching di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Presiden Jokowi menerima lima tamu negara sebelum pelantikan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali hari pelantikannya dengan menerima kunjungan kehormatan dari lima tamu negara. Mereka adalah Kepala Negara dari Brunei Darussalam, Australia, Singapura, Kamboja, dan Eswatini.

Menteri Luar Negeri periode 2014-2019 Retno Marsudi menjelaskan, Jokowi akan bertemu terlebih dulu dengan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah. Kemudian, Presiden beserta istrinya, Iriana bakal bertemu dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan istrinya, Jenny Morrison.

Lalu, Jokowi dan Iriana menerima kunjungan dari Perdana Menteri Republik Singapura YM Lee Hsien Loong beserta istrinya, Ho Ching. Setelah itu, Jokowi bakal bertemu dengan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen.

“Kemudian Pak Jokowi akan bertemu Raja Eswatini, Mswati III beserta Siphelele Mashwama,” kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10). 

(Baca: Jelang Pelantikan Presiden, Ruas Jalan di Sekitar Istana & DPR Ditutup)

Setelah itu, Jokowi bersama Ma’ruf Amin menuju gedung DPR/MPR untuk dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Rencananya, pelantikan dimulai pukul 14.30 WIB dan bakal dihadiri oleh 17 kepala negara, serta 168 Duta Besar negara sahabat.

Setelah acara pelantikan usai, Jokowi akan bertolak kembali ke Istana. Retno mengatakan, Presiden bakal kembali menerima kunjungan kehormatan dari tamu negara sahabat di Istana.

“Setelah Bapak (Jokowi) pelantikan, akan ada lagi (pertemuan dengan tamu negara sehatab),” kata Retno.

Retno mengatakan, Jokowi bakal bertemu dengan Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan. Lalu, Jokowi menerima kunjungan dari Presiden Vietnam Đặng Thị Ngọc Thịnh.

(Baca: 18 Mercedes Benz Senilai Rp 1 Miliar Disewa untuk Pelantikan Jokowi)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan bertemu dengan Wakil Presiden Myanmar Henry Van Thio. Setelah itu, Jokowi bakal berjumpa dengan para utusan khusus dari lima negara.

“Para utusan khusus itu dari Korea Selatan, Filipina, Jepang, Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat,” kata Retno.

Pemerintah pun menyewa 18 mobil Mercedes Benz untuk tamu negara yang akan hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019. Untuk menyewa 18 mobil tersebut, pemerintah menggelontorkan dana hingga Rp 1 miliar.

“Kami siapkan semua kendaraan premium,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartoni di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, beberapa waktu lalu (17/10).

Heru menyebut 18 mobil Mercedes Benz yang disewa bertipe s450 dan e300 selama empat hari. Mercedes Benz s450 akan digunakan bagi tamu kepala negara dan setingkatnya. Beberapa kepala negara dan setingkatnya yang dijadwalkan hadir berasal dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Australia, Vietnam, Myanmar, dan Filipina, dan Tiongkok.

(Baca: Minim Ubah Nomenklatur Menteri, Jokowi Disebut Buat Banyak Badan Baru)

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan