Respons Pidato Pelantikan Jokowi, IHSG Hari Ini Diprediksi Naik

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Martha Ruth Thertina

21/10/2019, 07.54 WIB

Pidato pelantikan Presiden Joko Widodo dinilai akan turut mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini, selain isu global.

IHSG, IHSG hari ini, rekomendasi saham hari ini, Jokowi, Kabinet Jokowi Jilid 2, Kabinet Jokowi Maruf
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Pegawai mengamati layar pergerakan saham di Mandiri Sekuritas, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Para analis memberikan prediksi beragam atas Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini, Senin, 21 Oktober 2019. Pidato pelantikan Presiden Joko Widodo dinilai akan turut mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini, selain isu global.

Adapun IHSG tengah berada dalam tren kenaikan. IHSG ditutup pada zona hijau sepanjang enam hari berturut-turut, dengan total kenaikan 2,79% ke level 6.191,94 pada Jumat, 18 Oktober 2019.

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus memprediksi IHSG masih akan melanjutkan kenaikan pada perdagangan awal pekan ini. Secara teknikal, IHSG diperkirakan bergerak pada level 6.169-6.213.

(Baca: Video: Pidato Lengkap Jokowi Saat Dilantik sebagai Presiden)

Pidato Jokowi dinilai turut memberi sentimen positif pada perdagangan saham hari ini. Menurut dia, ada hal yang menarik pada pidato Jokowi, khususnya pada pernyataan bahwa pemerintah sudah tidak fokus pada proses, melainkan kepada hasil.

"Hasil memberikan gambaran visi yang lebih jelas terkait dengan program Jokowi," kata Nico dalam riset tertulis yang diterima katadata.co.id, Senin (21/10).

Menurutnya, bila hasil atau tujuan yang ingin dicapai telah terbentuk, maka proses akan terbentuk menyesuaikan dengan hasil yang diinginkan. Sehingga, ia menilai, Jokowi sudah mendapatkan gambaran yang lebih jelas terkait visinya dalam kepemimpinannya lima tahun ke depan

"Inilah mengapa kami melihat bahwa pidato yang disampaikan Jokowi kemarin merupakan salah satu tolok ukur," kata dia

(Baca: Dinilai Hanya Fokus pada Isu Ekonomi, Program Kerja Jokowi Disorot)

Beberapa rekomendasi saham dari Nico antara lain Semen Indonesia (SMGR), Bank Central Asia (BBCA), Perusahaan Gas Negara (PGAS), dan PT PP (PTPP).

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama juga melihat adanya potensi kenaikan IHSG hari ini. "Sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," kata dia dalam riset tertulisnya.

Ia memprediksi level resistance pertama maupun kedua IHSG hari ini berada pada rentang level 6.230 hingga 6.276. Sedangkan level support pertama maupun kedua berada pada rentang level 6.158 hingga 6.126.

Rekomendasi saham dari Nafan antara lain Blue Bird (BIRD), Gudang Garam (GGRM), H.M. Sampoerna (HMSP), Vale Indonesia (INCO), Indo Tambangraya Megah (ITMG), dan Medco Energi Internasional (MEDC).

(Baca: Nadiem, Erick Thohir, Mahfud, dan Lutfi Disebut Masuk Kabinet Jokowi)

Di sisi lain, Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan melihat potensi koreksi IHSG hari ini. Ia memperkirakan, level support pertama dan kedua IHSG berada di level 6.180 hingga 6.167. Sedangkan resistance pertama dan kedua berada di level 6.213 hingga 6.202.

"Diperkirakaan akan ada profit taking dalam jangka pendek. Pergerakan masih akan dipengaruhi sentimen global dan rilis beberapa data perekonomian," kata Dennies.

Beberapa saham yang direkomendasi Dennies yaitu Wijaya Karya (WIKA), Ciputra Development (CTRA), dan Telekomunikasi Indonesia (TLKM).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan