Purnatugas, Susi Pudjiastuti Ingin Berlibur ke Tempat Rahasia

Penulis: Rizky Alika

Editor: Ekarina

23/10/2019, 18.18 WIB

KKP telah menjadi cinta dan hidup Susi selama ia menjabat.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (kiri) bersama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kedua kiri) menyapa para karyawan menjelang acara serah terima jabatan (Sertijab) di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakart
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (kiri) bersama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kedua kiri) menyapa para karyawan menjelang acara serah terima jabatan (Sertijab) di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Rabu (23/10/2019). Edhy yang merupakan politisi Partai Gerindra menggantikan Susi pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti menyatakan ingin berlibur selepas purnatugas. Namun demikian, dirinya enggan menyebut lokasi berlibur tersebut.

"Saya mau libur. Rahasia ya, nanti saya diikuti (wartawan) lagi," kata dia sambil tertawa di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Rabu (23/10).

Tak hanya itu, Susi juga enggan menjelaskan mengenai rencana karier berikutnya. Dia hanya menanggapi pertanyaan awak media sambil berkelakar. "Saya mau jadi ibu karier, jadi nenek juga karier," ujarnya.

Meski begitu, ia mengatakan bakal tetap menjaga laut bersama dengan Gerakan Pandu Laut Nusantara.

(Baca: Sering Ngopi Bareng, Susi Pudjiastuti Senang Edhy Jadi Menteri KKP)

Dalam perpisahannya, Susi mengatakan KKP merupakan bidang yang ia gemari selama lima tahun terakhir. KKP telah menjadi cinta dan hidup Susi selama ia menjabat.

Dia juga mengenang saat pertama kali diangkat sebagai menteri oleh Presiden Joko Widodo. Saat itu, Jokowi mengatakan Susi akan menjadi menteri dengan banyak terobosan. “Jadinya saya terobos semuanya,” katanya.

Karenanya, pada acara serah terima jabatan tadi, dirinya tampak meneteskan air mata saat berpisah dengan stafnya, termasuk asistennya yang biasa membuat kopi. Susi menangis ketika berjabat tangan dengan beberapa staf di atas panggung.

Susi juga menyeka hidungnya menggunakan tisu saat turun dari panggung. "Tadi saya nangis karena anak-anak, Lina, Rono, yang biasa bikin kopi. Selama lima tahun luar biasa," kata Susi.

(Baca: Pisah dengan Staf Pembuat Kopi, Susi Pudjiastuti Menangis)

Ia mendapatkan kenang-kenangan dari para pegawai berupa karikatur. Karikatur tersebut juga memuat kesan para pegawai terhadap Susi.

"Darimu kami belajar integritas, komitmen, dan konsistensi dalam bekerja dan berkarya. Sikap tegas dan berani menginspirasi kami untuk menjaga keberlanjutan sumber daya laut Indonesia agar tetap ada dan banyak," demikian isi kesan dalam karikatur tersebut.

Tak hanya bagi para staf, kesan mendalam terhadap Susi juga ditunjukkan oleh sejumlah netizan. Tagar #susipudjiastuti juga menjadi salah satu trending di media sosial twitter hari ini.

Banyak netizen yang menyangkan nama Susi Pudjiastitusi tak ikut masuk bursa menteri kabinet Jokowi seperti kolega menteri yang lain seperi Sri Mulyani atau Retno Marsudi. Susi resmi digantikan politisi Gerindra Edhy Prabowo sebagai menteri kelautan dan perikanan periode pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Reporter: Rizky Alika

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan