BRI Buka Peluang Akuisisi Traveloka

Image title
24 Oktober 2019, 14:14
Logo di Gedung Bank Rakyat Indonesia
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi BRI. Bank dengan laba terbesar di Indonesia ini membuka peluang untuk meningkatkan kerja sama dengan startup perjalanan online, Traveloka. Salah satunya melalui kepemilikan saham.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) membuka peluang untuk berinvestasi ke salah satu unicorn Indonesia, Traveloka. Meski begitu, perusahaan belum menyebut secara rinci detail rencana, termasuk dana yang disiapkan. 

Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan diri untuk menghadapi digitalisasi dan dampal disrupsi yang menyertainya. Hal ini dilakukan dengan bekerja sama maupun berinvestasi pada perusahaan di bidang teknologi besar, salah satunya Traveloka. 

"Bentuk kerjasama yang optimal (dengan Traveloka) bisa kerja sama operasi, titip jual produk di aplikasi, bisa juga kita ikut ownership  (kepemilikan) di dalamnya. Kami cari yang optimal, kalau ketiganya optimal kami lakukan ketiganya." ujar Sunarso di Jakarta, Kamis (23/10).

(Baca: East Ventures Jadi Modal Ventura Terbesar di Asia Tenggara)

Sunarso menjelaskan pihaknya tak ingin kehilangan kesempatan untuk mendapat nilai tambah dari perkembangan perusahaan digital. Salah satunya telah dilakukan dengan memiliki anak usaha di bidang modal ventura, PT BRI Ventures. 

"Kami punya BRI Ventures agar lebih lincah, BRI bisa memilih bentuk kerjasama yang pas, dan optimal," ungkap dia. 

Sebagai informasi, penyertaan modal pada perbankan diatur secara rigid dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satunya, melarang bank untuk berinvestasi secara langsung pada perusahaan bukan jasa keuangan.

BRI Ventures sebelumnya merupakan anak usaha PT Bahana Artha Ventura yang sebelumnya bernama PT Sarana Nusa Tenggara Timur Ventura.  Saat ini, BRI Ventures merupakan pemegang saham LinkAja. 

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...