Purnatugas Jadi Menteri, Amran Sulaiman Balik Jadi Pengusaha

Rizky Alika
25 Oktober 2019, 12:10
Amran Sulaiman
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Mantan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Setelah tak menjabat sebagai menteri, Amran akan kembali menjadi pengusaha.

Menteri Pertanian 2014-2019 Amran Sulaiman akan kembali menjadi pengusaha usai purna tugas. Amran berencana mengembangkan usahanya hingga skala internasional.

Dia bahkan turut mengajak awak media yang berminat menjadi pengusaha untuk ikut serta. "Kami nanti kembali jadi pengusaha," kata dia di Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat (25/10).

Pada akhir masa jabatan, Amran sempat mengundang sejumlah asosiasi dan pengusaha di bidang pertanian. Selain untuk mengetahui kondisi usaha terkini, pertemuan dilaksanakan dalam rangka pamitan dari jabatan Menteri Pertanian.

Asosiasi yang ia undang di antaranya Himpunan Pemuda Tani Indonesia, Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya, Komisi Penyuluhan Pertanian Nasional (KPPN), Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Perkumpulan Eksportir Komoditas Indonesia – Tiongkok (Perkit), hingga Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apsakindo).

Amran diangkat menjadi Menteri Pertanian oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Oktober 2014. Sebelum menjadi menteri, ia malang melintang di dunia usaha perkebunan dan perdagangan selama 15 tahun. Sebelumnya, dia memulai karirnya sebagai pegawai PT Perkebunan Nusantara XIV.

(Baca: Target 100 Hari Kerja, Mentan Fokus Bereskan Masalah Data Pertanian)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...