Tujuh Fakta Kereta Bandara Solo yang Beroperasi Desember 2019

Hari Widowati
4 November 2019, 10:23
kereta bandara Solo, harga tiket kereta bandara Solo, rute kereta bandara Solo, kapan kereta bandara Solo beroperasi, fasilitas kereta bandara Solo, berita terkini hari ini
Dok. PT INKA
Kereta bandara yang menghubungkan Bandara Adi Soemarmo dengan Stasiun Balapan, Solo akan beroperasi mulai 28 Desember 2019.

Kereta yang akan menghubungkan Bandara Adi Soemarmo, Solo dengan Stasiun Balapan, Solo akan beroperasi mulai 28 Desember 2019. Rencana pengoperasian kereta bandara ini beberapa kali tertunda dari jadwal sebelumnya pada 2018, Juli 2019, dan Oktober 2019 karena masalah pembebasan lahan dan lintasan yang belum selesai.

"Yang belum selesai lintasan ke jalan tol, itu kan ada jalan yang harus dipindahkan menjadi elevated," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek pembangunan rel kereta Stasiun Bandara Internasional Adi Soemarmo, di Solo, Minggu (3/11). Perkembangan proyek tersebut telah mencapai 94%.

Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antarmoda dari Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Balapan, bahkan dilanjutkan dengan rute ke Yogyakarta dan Kutoarjo. Berikut ini adalah tujuh fakta tentang kereta bandara Solo yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Dibangun sejak April 2017

Proyek kereta bandara Solo mulai dibangun pada April 2017. Hal ini ditandai dengan peresmian (groundbreaking) yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Mantan wali kota Solo itu meminta proyek kereta bandara Solo tuntas pada 2018.

"Memang waktu yang mepet, tetapi pagi tadi saya tegaskan tidak boleh mundur dari 2018," kata Jokowi dalam peresmian proyek tersebut, di Solo, seperti dilansir di halaman Setkab.go.id pada 8 April 2017. Ia minta para bupati dan wali kota di wilayah yang dilintasi proyek tersebut bisa mengatasi hambatan pembebasan tanah sehingga proyek berjalan lancar.

2. Kereta Buatan PT INKA

Kereta bandara Solo merupakan kereta rel diesel elektrik (KRDE) buatan PT INKA yang berkantor pusat di Madiun, Jawa Timur. Satu rangkaian kereta terdiri atas empat gerbong dengan total kapasitas 200 kursi. Jika kereta ini juga mengangkut penumpang yang berdiri, kapasitasnya akan mencapai 393 penumpang. Kereta ini memiliki kecepatan maksimal 100 km per jam tetapi untuk operasi normal diperkirakan kecepatan kereta 75-80 km per jam.

(Baca: Mulai 5 Oktober, Kereta Bandara Bisa Diakses Lewat Stasiun Manggarai)

3. Panjang Rute Kereta Bandara Solo

Panjang rel kereta yang menghubungkan Bandara Adi Soemarmo dengan Stasiun Balapan, Solo mencapai 12,97 km dan diperkirakan akan ditempuh dalam waktu 20 menit. Selain rute Bandara Adi Soemarmo-Solo Balapan, akan ada rute Bandara Adi Soemarmo-Yogyakarta dan Bandara Adi Soemarmo-Kutoarjo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...