Royke Tumilaar, Bankir Senior Calon Kuat Dirut Bank Mandiri

Hari Widowati
7 November 2019, 17:10
Royke Tumilaar, calon dirut Bank Mandiri, profil Royke Tumilaar, Erick Thohir kantongi nama calon dirut Bank Mandiri, berita terkini hari ini
Dok. Bank Mandiri
Nama Royke Tumilaar muncul sebagai calon kuat direktur utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Saat ini, Royke menjabat sebagai Direktur Corporate Banking di bank tersebut.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) bakal menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 9 Desember 2019. Salah satu agendanya adalah memilih direktur utama yang bakal menggantikan posisi yang ditinggalkan Kartika Wirjoatmodjo, yang menempati pos baru sebagai wakil menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, ia sudah mengantongi nama calon dirut bank terbesar di Indonesia itu. "Yang pasti bekas lulusan atau masih orang Mandiri," kata Erick ketika ditemui wartawan di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (30/10).

Santer beredar kabar bahwa Direktur Corporate Banking Bank Mandiri, Royke Tumilaar, menjadi calon kuat untuk menempati jabatan dirut Mandiri. Berikut ini profil Royke yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Pria kelahiran Manado, 21 Maret 1964 ini meraih gelar sarjana ekonomi dari Jurusan Ekonomi Manajemen Universitas Trisakti pada 1987. Ia juga meraih gelar master of business finance dari University of Technology Sydney pada 1999.

(Baca: Kartika Jadi Wamen BUMN, Dirut Mandiri Sementara Dijabat Sulaiman Arif)

Analis Kredit di BDN hingga Jabat Direksi Bank Mandiri

Royke memulai kariernya sebagai analis kredit di Bank Dagang Negara (BDN). Pascakrisis ekonomi 1998, BDN dimerger dengan tiga bank lainnya, yakni Bank Bumi Daya (BBD), Bank Ekspor Impor Indonesia (BEII), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo). Hasil merger itu adalah Bank Mandiri.

Royke pun lantas bergabung dengan Bank Mandiri, posisi terakhirnya di BDN adalah Senior Professional di Tim Penyelesaian Kredit di Jakarta. Berdasarkan informasi di laman bankmandiri.co.id, Royke dipromosikan menjadi Group Head Regional Commercial Sales I pada 2007. Ia memegang jabatan tersebut hingga Mei 2010. Royke juga tercatat sebagai komisaris di Mandiri Sekuritas sejak Agustus 2009.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...