Dibuka Pukul 23.00 Senin Malam, Ini Tata Cara Pendaftaran CPNS Online

Image title
Oleh Ekarina
11 November 2019, 14:30
Proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Kominfo
Proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pendaftaran online CPNS baru dibuka malam nanti mulai pukul 11.11 WIB.

Portal pendaftaran bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) di sscasn.bkn.go.id, Senin (11/11) pagi telah resmi dibuka. Namun, calon pelamar, baru bisa mendaftar online malam nanti mulai pukul 11.11 WIB.

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Paryono menyatakan pada portal tersebut, calon pelamar dapat mengakses informasi dan formasi instansi yang akan diperbarui setiap satu jam sekali.

"Sebelum melakukan pendaftaran, masyarakat diharapkan terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang tertuang pada portal SSCASN," ujarnya seperti dikutip dari keterangan resmi, Senin ( 11/11).

Jika pelamar menemui masalah atau kurang memahami penjelasan yang tersedia, dapat membuka kanal Frequently Asked Question (FAQ) dalam portal yang menyediakan berbagai jawaban atas persoalan yang umumnya menjadi kendala pelamar.

(Baca: Pendaftaran CPNS Dibuka Besok, 8 Kementerian Tawarkan Ribuan Lowongan)

Dalam portal SSCASN juga akan ditayangkan daftar formasi CPNS yang mencakup nama instansi, jabatan, lokasi, pendidikan, jenis formasi, dan jumlah formasi. Hal itu bisa dilihat pada kolom layanan informasi yang terletak di kanan atas halaman pertama portal.

"Pelamar dipersilahkan untuk memahami dulu alur pendaftaran dan tata cara registrasi di portal SSCASN dengan mengunduh Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019 pada kolom alur di portal," ujar Paryono.

Selain layanan FAQ, portal SSCASN juga menyediakan layanan helpdesk daring yang dapat dijadikan sebagai media pengaduan. Selain itu, mulai 11 November 2019 BKN membuka layanan helpdesk luring (offline) di Kantor Pusat BKN, Jalan Mayjend Sutoyo No. 12 Jakarta Timur dan Kantor Regional BKN jika kendala pelamar tidak terselesaikan melalui penjelasan FAQ dan helpdesk daring.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...