Desa Fiktif Dapat Dana Desa, Sri Mulyani Akan Minta Pengembalian

Agatha Olivia Victoria
14 November 2019, 17:54
Dana Desa, Desa Fiktif, Sri Mulyani
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan akan menarik dana desa yang terlanjur mengalir ke desa fiktif. Sebutan desa fiktif di antaranya ditujukan Sri Mulyani untuk desa tak berpenduduk yang terdaftar sebagai penerima dana desa.

"Kalau sudah terlanjur transfer ya kami ambil lagi melalui pemerintah daerahnya," kata Sri Mulyani dalam acara Sosialisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa 2019 di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (14/11).

Untuk mamastikan dana desa mengalir sesuai peruntukan, Kementerian Keuangan bersama Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi pun merapikan data desa. Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 tahun 2017, jumlah desa di Indonesia mencapai 74.957 desa.

(Baca: Gubernur Sultra Mengaku Tak Tahu Ada Desa 'Siluman' di Daerahnya)

Dana desa mulai diimplementasikan pada 2015. Tujuannya, meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa. Tahun ini, pemerintah menargetkan dana desa sebesar Rp 70 triliun, dan meningkat menjadi Rp 72 triliun tahun depan. Sepanjang Januari-September 2019, realisasi penyaluran dana desa tercatat telah mencapai Rp 42,2 triliun atau 60,29% dari target.

Seiring besarnya jumlah dana desa, Sri Mulyani pun mengimbau seluruh pihak agar berhati-hati dalam penyalurannya. Terkait masalah desa fiktif, dirinya menyatakan audit tengah dilakukan. "Nanti kami lihat. Kami lihat nanti berdasarkan laporan setelah diverifikasi betul jumlahnya," ujarnya.

Menurut dia, indikator desa fiktif bermacam-macam. Namun, sejauh ini, desa fiktif yang sudah ditemukan yakni desa yang terdapat namanya saja namun tak ada penduduknya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...