Resmi Dibuka, Ini Formasi CPNS di 13 Kementerian Bidang Ekonomi

Penulis: Ameidyo Daud

14/11/2019, 17.40 WIB

Seleksi Kompetensi Dasar dimulai Februari 2020, disusul Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) satu bulan setelahnya.

Proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Kominfo
Proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Pemerintah telah resmi membuka proses seleksi masuk calon pegawai negeri sipil atau CPNS sejak tanggal 11 November lalu. Total, ada 68 Kementerian dan Lembaga serta 462 pemerintah provinsi/kabupaten/kotamadya yang membuka rekrutmen pegawai.

Dalam laman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Seleksi Kompetensi Dasar dimulai Februari 2020. Sedangkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan digelar satu bulan setelahnya.

“Pengumuman lebih lanjut akan diumumkan Badan Kepegawaian Negara dan instansi masing-masing,” kata Menpan RB Tjahjo Kumolo dalam Surat Menpan RB No: B/1069 /M.SM.01.00/2019, seperti dikutip Kamis, (14/11).

(Baca: Dibuka Pukul 23.00 Senin Malam, Ini Tata Cara Pendaftaran CPNS Online)

Kementerian yang membina sektor ekonomi juga membuka sejumlah formasi rekrutmen. Hingga berita ini ditulis, paling tidak sudah ada 13 kementerian bidang ekonomi telah mengeluarkan formasi pos CPNS 2019. Ini rinciannya:

 1. Kementerian Keuangan

 Kementerian yang dipimpin Sri Mulyani Indrawati ini resmi membuka seleksi mulai hari Senin (11/11) lalu lewat surat bernomor        PENG-01/PANREK/2019. Total ada 202 formasi yang tersebar dalam 10 unit kerja Kemenkeu membuka rekrutmen pegawai baru. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

2. Kementerian Ketenagakerjaan

Kemenaker membuka pendaftaran PNS baru dengan total jumlah 364 formasi untuk umum. Selain itu, Kemenaker juga membuka 40 pos untuk lulusan cum laude, 8 formasi untuk penyandang disabilitas, 2 untuk putra putri Papua, serta 2 untuk diaspora. Detail bisa dilihat di sini.

3. Kementerian Perindustrian.

Kemenperin juga membuka seleksi CPNS untuk 15 unit kerjanya. Dalam surat berkop 731/M- IND/Xl/2019m beberapa unit yang mendapatkan alokasi formasi antara lain Direktorat Jenderal (Ditjen) Industri Agro, Ditjen Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil, hingga Ditjen Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika. Detailnya bisa dilihat di sini.

4. Kementerian Perdagangan

Kemendag resmi membuka pendaftaran pegawai baru sejak hari Selasa (12/11) lalu. Total ada 222 formasi pegawai baru yang tersedia yang terdiri dari alokasi umum sebanyak 192 pos, formasi cum laude sebanyak 23 posisi, 5 untuk penyandang disabilitas, serta 2 untuk putra-putri Papua dan Papua Barat. Informasi lengkap dapat dilihat di sini.

 5. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Kementerian infrastruktur juga menjadi salah satu yang membuka seleksi CPNS tahun anggaran 2019. Tak tanggung-tanggung, PUPR membuka alokasi formasi bagi 1.048 pegawai. Dari jumlah tersebut, 877 merupakan formasi umum, 105 alokasi bagi pelamar yang lulus cum laude, 21 bagi penyandang disabilitas, serta 45 bagi putra putri Papua dan Papua Barat. Informasi lengkap dapat dilihat di sini.

 6.Kementerian Pertanian.

Instansi pemerintah yang berlokasi di Ragunan, Jakarta Selatan ini juga membuka lowongan pekerja. Total ada 443 formasi disediakan untuk pelamar umum, 11 bagi penyandang disabilitas, 63 bagi lulusan cum laude, dan 3 bagi putra-putri Papua dan Papua Barat. Informasi lengkap dapat dilihat di sini

 7. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Kementerian LHK juga membuka seleksi pegawai baru dengan jumlah formasi 705 formasi. Jika dirinci, 459 dialokasikan untuk lulusan S1, 36 formasi bagi lulusan S2, 130 pos disiapkan untuk lulusan Diploma III, serta 80 disediakan untuk lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Informasi lengkap dapat dilihat di sini.

 8. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional

Kementerian ini sudah sejak pekan lalu mengeluarkan pengumumab seleksi CPNS. Secara total, ada 727 formasi yang disediakan dalam pembukaan rekrutmen. Posisi juru ukur tanah merupakan yang paling besar dengan alokasi formasi 299 orang. Informasi lengkap dapat dilihat di sini.

 9. Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral

Dalam Sistem Informasi Seleksi Calon ASN (SISCA), Kementerian ESDM menyiapkan 50 formasi pegawai baru. Alokasi terbanyak disediakan untuk pelamar umum yakni 43 orang, pelamar lulusan cum laude yakni 5 orang, serta 1 aloasi masing-masing disediakan bagi penyandang disabilitas dan putra-putri Papua dan Papua Barat. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

 10. Kementerian Perhubungan

Kementerian transportasi turut menyediakan 1.244 formasi pegawai baru yang tersebar dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Laut, Ditjen Perhubungan udara, dan Ditjen Perkeretaapian. Jumlah terbanyak adalah alokasi Ditjen Perkeretaapian yakni 486 pos formasi. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini

 11. Kementerian Kelautan dan Perikanan

Kementerian yang dipimpin politisi Gerindra Edhy Prabowo juga membuka rekrutmen PNS baru dengan jumlah 399 formasi.  Alokasi pelamar umum sebanyak 333 orang, pelamar lulus dengan pujian sebanyak 53 formasi, alokasi untuk penyandang disabilitas sebesar 8 formasi, dan jatah putra putri Papua dan Papua Barat disediakan sebanyak 5 formasi. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

 12. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

Koordinator kementerian ekonomi ini juga membuka formasi pegawai baru sebanyak 67 pos. Formasi untuk pelamar umum tersedia sebanyak 57 formasi, pelamar lulusan cum laude tersedia 5 formasi, penyandang disabilitas dan putra-putri Papua dan Papua Barat disediakan masing-masing 1 formasi. Informasi lebih lengkap dapat dilihat di sini.

 13. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Kementerian yang dikomandoi Luhut Binsar Pandjaitan membuka lowongan sebanyak 72 formasi ASN. Alokasi bagi pelamar umum disiapkan sebanyak 63 orang. Adapun 7 pos disiapkan bagi lulusan dengan pujian. Sedangkan alokasi bagi penyandang disabilitas dan putra putri Papua dan Papua Barat disiapkan masing-masing 1 pos. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

 

 

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan