Mulai Gelar IPO, Alibaba Lepas Rp 338 Ribu per Saham

Image title
15 November 2019, 15:35
Alibaba
Instagram/@alibaba.group
Ilustrasi. Harga saham IPO untuk investor ritel yang ditetapkan tak lebih dari 188 dolar Hong Kong atau sekitar Rp 338 ribu.

Raksasa e-Commerce, Alibaba Grup mulai melaksanakan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO)  di Bursa Saham Hong Kong untuk investor ritel. Harga saham yang ditetapkan tak lebih dari  188 dolar Hong Kong atau sekitar Rp 338 ribu (kurs Rp 1.797 per dolar Hong Kong). 

Berdasarkan rilis di laman resmi Alibaba, perusahaan baru akan menetapkan harga penawaran untuk internasional tranche (saham yang dipecah dalam unit kecil untuk ditawarkan kembali kepada investor lain) pada 20 November 2019, waktu Hong Kong. Harga yang  ditetapkan akan lebih tinggi dari maksimal harga dalam penawaran ritel yang dimulai hari ini.

Advertisement

Penetapan harga tersebut juga akan mempertimbangkan penutupan harga saham Alibaba di New York Stock Exchange dan permintaan investor selama proses pemasaran.

Selama gelaran IPO di bursa saham Hong Kong, Alibaba akan melepas 500 juta saham baru. Perusahaan juga memungkinkan para underwriter untuk mengambil opsi over allotment atau penjatahan tambahan 75 juta saham baru.

(Baca: Pesta Diskon 11.11, Alibaba Cetak Rekor Penjualan Tembus Rp 538 T)

Dari total saham baru yang dilepas sebanyak 12,5 juta saham diperuntukkan bagi investor ritel yang mulai ditawarkan hari ini.  Porsi ini juga berpeluang ditingkatkan menjadi 50 juta saham baru. 

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement