Bill Gates Juara, Ini Daftar Orang Terkaya Versi Bloomberg

Pingit Aria
18 November 2019, 12:57
Bill Gates, Pemilik Microsoft
Arief Kamaludin|KATADATA
Bill Gates, Pemilik Microsoft

Bloomberg Billionaires Index baru saja merilis daftar orang terkaya di dunia yang terbaru. Hasilnya, Bill Gates mengalahkan Jeff Bezos dalam perebutan status orang terkaya di dunia.

Untuk pertama kalinya dalam dua tahun lebih, pendiri Microsoft itu menggusur posisi Bezos sebagai orang terkaya di dunia. Kesuksesan Gates tersebut disebut karena keputusan Pentagon untuk memberikan kontrak komputasi awan senilai US$ 10 miliar kepada Microsoft pada 25 Oktober 2019.

Sejak saat itu, saham Microsoft merangkak naik 4%, sehingga penghasilan Gates menjadi US$ 110 miliar. Tercatat, saham Microsoft tahun naik hampir 48% dalam setahun terakhir dan membantu Gates untuk meningkatkan nilai sahamnya di perusahaan.

(Baca: Jezz Bezos Kehilangan Rp 48 Triliun Akibat Perang Mata Uang)

Di lain pihak, saham Amazon justru mengalami penurunan 2% sejak pengumuman Pentagon. Dengan kondisi demikian, kekayaan bersih yang dimiliki oleh Bezos kini bernilai US$ 109 miliar dan menempatkannya sebagai orang nomor dua terkaya di dunia.

Tak hanya itu, Perceraian Bezos dengan MacKenzie membuat kekayaan bos Amazon itu turun hingga US$ 35 miliar. Sebab, tanpa perjanjian pranikah, MacKenzie menerima seperempat dari kepemilikan Amazon saat bercerai dengan Bezos pada Juli 2019 lalu.

(Baca: Resmi Bercerai, Mantan Istri Bos Amazon Perempuan Terkaya ke-3 Dunia)

Posisi ketiga daftar orang terkaya ditempati oleh Bernard Arnault, pemilik merek barang fashion mewah LVMH (Louis Vuitton Moet Hennessy) dengan nilai kekayaan sebesar US$ 103 miliar. Sementara itu, Warren Buffett, pengusaha Amerika Serikat yang juga diakui sebagai investor tersukses di dunia menempati posisi keempat dengan kekayaan senilai US$86,6 miliar. Disusul oleh pendiri Facebook Mark Zuckerberg yang memiliki kekayaan sebesar US$ 74,5 miliar.

Berikut daftar 10 orang terkaya di dunia versi Bloomberg Billionaires Index:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...