Bakal Dijual, Valuasi Anak Usaha Jiwasraya Disebut Rp 9 Triliun

Image title
21 November 2019, 17:22
Jiwasraya, Jiwasraya Putra, Anak Usaha Jiwasraya Dijual
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang pria melintas di depan kantor Asuransi Jiwasraya, Jakarta (14/11/2019).

Manajemen Jiwasraya dan pemerintah tengah menjajakan anak usaha Jiwasraya yakni Jiwasraya Putra kepada investor. Ini bagian dari strategi untuk menangani tekanan keuangan yang membelit perusahaan. Lantas, berapa valuasi Jiwasraya Putra?

Staf Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan valuasi anak usaha tersebut sebesar Rp 9 triliun. Ia menjelaskan, beberapa produk Jiwasraya akan diturunkan ke Jiwasraya Putra. Ini salah satu yang menyokong nilai anak usaha tersebut.

Advertisement

“Ada produk-produk dia yang bagus, terlepas dari sisi keuangannya. Kami sedang memilah-milah mana bisnis yang bagus untuk diteruskan dan bisa dijual ke investor," ujarnya, saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Kamis (21/11).

(Baca: Dirut Jiwasraya Beberkan Penyelesaian Masalah Finansial Tanpa APBN)

Jiwasraya Putra memang sengaja dibentuk dengan tujuan menyokong keuangan Jiwasraya. Sebanyak delapan investor – semuanya asing—disebut berminat untuk memegang saham Jiwasraya Putra yang tentunya tidak menanggung utang induk. Beberapa BUMN sempat disebut menjadi pemegang saham awal Jiwasraya Putra.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement